Thursday, November 15, 2018

Melatih Fokus - Cara Fokus Belajar Bahasa Inggris

Oke tips hari ini adalah cara agar kita dapat melatih fokus dan fokus ini akan membantu kita belajar bahasa inggris. Sebenarnya bukan khusus untuk fokus dalam belajar bahasa inggris saja tetapi lebih ke bagaimana caranya melatih otak agar dapat lebih fokus.

Caranya adalah dengan melatih mindfulness atau kesadaran. Apa artinya melatih kesadaran? Mindfulness adalah praktik yang dilakukan dengan cara sepenuhnya menyadari akan apa yang sedang terjadi pada saat ini tanpa menghakimi atau tanpa menilai benar salah dan lain - lain.

Latihan ini telah terbukti membantu orang mengelola stres, kecemasan, rasa sakit, depresi, insomnia, dan bahkan tekanan darah tinggi! Ini juga dapat membantu meningkatkan tidur Anda, mengontrol diabetes dan meningkatkan fokus serta mengurangi kelelahan kerja atau belajar. Cocok sekali bukan? Anda dapat lebih fokus dan mengurangi keletihan dalam belajar, eh masih dapat bonus segudang manfaat kesehatan lainnya lagi.

Kedengarannya bagus sekali! Tapi bagaimana caranya kita bisa berlatih? Apakah kita harus bermeditasi? Berikut adalah 10 cara mudah yang dapat kita lakukan untuk melatih kesadaran setiap hari.


Cara Fokus Belajar Bahasa Inggris

10 Cara Mudah untuk Mempraktekkan Mindfulness Setiap Hari

1. Berjalan-jalan
Penelitian menunjukkan bahwa melatih kesadaran di luar ruangan & di alam terbuka sangat baik bagi kita. Pada saat berjalan-jalan di taman atau di alam terbuka cobalah untuk benar-benar menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda. Perhatikan jalan & tanah yang terasa di bawah kaki Anda dan suara sekitar yang Anda dengar. Bernapaslah sambil menikmati udara segar dan juga sadari baunya atau harumnya. Fokuskan juga pada perasaan tubuh Anda saat Anda menggerakkan lengan dan kaki Anda.

Kunci untuk melatih perhatian atau mindfulness adalah mencoba untuk menyadari dan mengalami melalui semua 5 indra kita: penglihatan, suara, penciuman, rasa, dan sentuhan.

Atau kalau Anda tidak sempat berjalan santai tanpa tujuan, Anda dapat berlatih mindfulness pada saat berjalan ke toko atau bahkan berjalan dari mobil ke rumah Anda. Apakah ada bunga-bunga bermekaran di halaman depan Anda? Luangkan waktu sejenak untuk menghargai mereka!

2. Di Meja Kerja Anda
Ya benar, Anda membacanya dengan benar. Anda bahkan dapat melatih kesadaran bahkan pada saat di meja kerja Anda. Berlatih Mindfulness di meja kerja merupakan hal yang baik karena banyak dari kita menghabiskan banyak waktu di sana.

Matikan sebentar layar PC Anda dan tutup mata Anda. Duduk dengan kaki Anda rata di lantai dan punggung Anda lurus. Sekarang fokuslah pada pernapasan Anda saat Anda menarik napas masuk dan keluar melalui hidung Anda. Jika beberapa suara atau gagasan mengganggu konsentrasi Anda, catat saja dan kembali fokus pada pernapasan Anda. Latihan ini membantu Anda melatih otak Anda untuk dapat fokus ketika ada gangguan internal dan eksternal.

Semakin banyak Anda berlatih melakukan ini, semakin alami fokus akan tercapai. Seolah-olah Anda sedang membangun memori otot di otak Anda! Nah ini sangat bermanfaat pada saat kita fokus belajar bahasa inggris. Kalau fokus terlatih maka belajar pun akan terasa lebih mudah.



3. Pada saat menjelang tidur
Terkadang kita merasakan sulit untuk tertidur. Kita terkadang merasakan sulit tidur apabila kita telah menggunakan otak saya untuk berpikir pekerjaan, atau urusan rumah, intinya terlalu banyak pikiran. Lelah pikiran dan bukan lelah fisik biasanya membuat sulit tidur. Ini mungkin salah satu saat terbaik untuk melatih kesadaran!

Untuk latihan ini, tutup mata Anda dan berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Kemudian, mulailah dengan kepala Anda, fokus pada relaksasi setiap bagian dari tubuh Anda. Rasakan ketegangan meninggalkan leher dan bahu saat Anda bernapas dan fokus pada relaksasi. Pada saat Anda telah merasa relaks maka fokuskan pada area lain dengan cara rasakan rasa relaks tersebut turun sampai ke jari-jari kaki Anda, Anda akan merasa rileks dan memiliki pikiran yang tenang sehingga Anda bisa tertidur.

4. Mendengarkan seseorang berbicara
Seringkali kita tidak fokus sepenuhnya pada lawan bicara kita. Sebagian besar dari kita bisa menjadi pendengar yang lebih baik dengan  berlatih mindfulness. Mendengarkan dengan perhatian penuh merupakan cara yang bagus untuk melatih kesadaran. Ini tidak hanya akan bermanfaat untuk Anda, tetapi itu akan membantu meningkatkan hubungan Anda!

Lain kali Anda pada saat Anda mendengarkan orang lain berbicara, fokuslah pada kata-kata yang mereka ucapkan. Perhatikan juga bahasa tubuh dan ekspresi wajah mereka. Benar-benar fokus pada mereka dan dengarkan mereka tidak usah terlalu memikirkan respons Anda. Jika Anda merasa ada pikiran yang hinggap di benak Anda, catatlah dan kemudian kembali fokus Anda untuk mendengarkan orang yang berbicara.


5. Mencari di cermin
Ini adalah latihan yang bagus karena membantu Anda melihat diri Anda secara objektif. Lain kali Anda melihat ke cermin, tangguhkan penilaian Anda! Perhatikan warna mata dan rambut Anda, bentuk rahang Anda, atau siluet tubuh Anda. Jika Anda menemukan bahwa Anda sedang memikirkan pikiran yang menghakimi atau menilai, hentikanlah pikiran Anda itu. Bernapaslah dan kembali mengamati diri Anda secara objektif.

Bayangkan Anda sedang melihat salah satu teman Anda, dan lihatlah diri Anda seolah-olah Anda adalah teman Anda dan bukan diri Anda sendiri. Terkadang kita jauh lebih menghakimi pada saat melakukan penilaian terhadap diri kita dan itu bisa berakibat buruk bagi harga diri Anda.

Berlatihlah memandang diri Anda tanpa penilaian sesering mungkin dan lihatlah betapa Anda merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri!



6. Kesal
Kita semua terkadang merasa kesal dari waktu ke waktu, dan itu tidak selalu merupakan hal yang buruk, selama kita dapat memanfaatkan perasaan itu dan menggunakannya secara konstruktif. Ketika Anda merasa panas di dalam hati dan emosi, ini adalah saat yang tepat untuk melatih kesadaran.

Fokus pada pernapasan Anda saat menghirup melalui hidung dan menghembuskannya melalui mulut Anda. Cobalah mengambil nafas terdalam dan terpanjang yang Anda bisa. Ini akan membantu Anda untuk rileks secara fisik dan memfokuskan pikiran Anda. Jangan fokus pada kemarahan atau perasaan Anda saat ini, hanya bernapas dan fokus pada nafas yang menenangkan Anda dan memungkinkan Anda untuk berpikir jernih tentang situasinya.

7. Mengurangi kebiasaan buruk
Salah satu manfaat terbesar dari melatih kesadaran adalah melatih Anda untuk dapat berhenti di tengah-tengah melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan, seperti mengurangi kebiasaan buruk . Kali berikutnya Anda menemukan diri Anda terlibat dalam perilaku yang Anda coba ubah, lakukan sedikit jeda dan lakukan mindfulness.

Luangkan waktu sejenak untuk berkonsentrasi pada diri sendiri - bagaimana perasaan Anda dan apa yang Anda lakukan. Jangan menilai diri Anda sendiri, sebagai gantinya periksa motif Anda kenpa ingin melakukan kebiasaan buruk. Renungkan cara Anda merasakan dan bagaimana perasaan Anda berkontribusi pada keinginan Anda untuk terlibat dalam perilaku. Maka Anda dapat mencoba untuk menghindarinya di masa depan. Atau paling tidak, Anda akan lebih mampu menghentikan diri Anda saat ini!

8. Menunggu dalam antrean (atau lalu lintas)
Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi menunggu adalah salah satu hal yang sangat menyebalkan dalam hidup saya! Akulah orang yang akan keluar dari jalan raya dan memutar balik untuk mengambil rute yang lebih kosong daripada hanya duduk dan menunggu kemacetan lalu lintas. Menunggu di antrean itu tidak terlalu menyebalkan bagi saya karena saya suka berbicara, dan selalu ada banyak orang dalam satu garis. Tetapi secara umum, kebanyakan dari kita benci menunggu, saya pikir.

Kali berikutnya Anda menemukan diri Anda mengantre, dalam lalu lintas, atau di mana saja, luangkan waktu sejenak untuk melatih perhatian. Fokus pada pernapasan Anda dan menenangkan pikiran Anda. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan untuk membantu menenangkan kecemasan yang mungkin Anda rasakan saat ini. Pilih sesuatu yang menarik untuk dilihat dan fokuslah daripada fokus pada kekacauan yang ada di sekitar Anda. Pergi ke tempat bahagia Anda di pikiran Anda di mana hal-hal tenang dan Anda merasa tenang. Sebelum Anda menyadarinya, penantian Anda akan berakhir dan Anda tidak akan merasa terlalu kesal semua hal itu!

9. Memasak makanan
Ini adalah waktu yang tepat untuk fokus pada 5 indra Anda karena semuanya diaktifkan oleh makanan! Lain kali Anda memasak sesuatu, gunakan pengalaman itu untuk melatih kesadaran. Fokus pada cara bahan-bahan terlihat dan terasa di tangan Anda, suara saat Anda memotong bawang dan sensasi air mata mengalir di mata Anda. Dengarkan desis saat makanan menyentuh panci. Cium bumbu dan bumbu saat dimasak. Dan akhirnya, bagian yang terbaik, ketika Anda makan makanan, benar-benar sadar pada saat tekstur makanan di mulut Anda serta rasanya. Meluangkan waktu untuk benar-benar menikmati makanan Anda juga melatih kesadaran penuh!

10. Bangun tidur
Berlatih mindfulness adalah cara yang bagus untuk memulai hari! Ini membantu Anda tetap fokus dan tenang sepanjang hari. Saya tidak tahu apakah hal ini terjadi pada kalian, tetapi saya sering menemukan diri saya memeriksa telepon saya hal pertama di pagi hari . Jika saya melihat media sosial, email, dan berita, saya akan merasa kurang  merasa mampu mengendalikan hari saya. Saya menemukan diri saya sering bereaksi terhadap postingan di fb, chat, dan cerita, alih-alih memikirkan hari dan tujuan saya. Jadi saya mulai sekarang berlatih kesadaran sebagai hal pertama sebagai yang saya lakukan.

Daripada meraih telepon Anda di pagi hari, fokuslah pada diri Anda sendiri. Perhatikan napas Anda dan sensasi kaki Anda menyentuh lantai. Duduk tegak sebelum Anda berdiri, fokus pada suara pagi burung atau bau kopi. Luangkan waktu untuk memperhatikan transisi yang dialami tubuh Anda saat ia bergerak dari tidur ke bangun. Anda akan menemukan bahwa Anda merasa lebih terpusat dan mengendalikan hari Anda! Lakukan sedikit sedikit dan rasakan manfaatnya :)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall