Wednesday, December 19, 2018

Cara Mengajar si Kecil agar Jago Bahasa Inggris

Bagaimana saya mulai mengajar anak-anak saya bahasa Inggris di rumah?

Banyak orang tua ingin mengajar anak-anak mereka bahasa Inggris di rumah, tetapi tidak tahu bagaimana memulainya. Tidak masalah jika bahasa Inggris Anda sendiri tidak sempurna. Yang paling penting adalah Anda antusias dan memberi banyak dorongan dan pujian kepada anak-anak Anda. Anak Anda akan memahami antusiasme Anda terhadap bahasa tersebut.

Jangan khawatir jika anak Anda tidak segera berbicara bahasa Inggris. Mereka akan membutuhkan waktu untuk menyerap bahasa. Bersabarlah, dan mereka akan mulai berbicara bahasa Inggris di dengan kecepatan mereka sendiri. Beberapa tips ini mungkin cocok untuk anak Anda yang masih TK dan SD.



Menetapkan rutinitas

Tetapkan rutin untuk waktu bahasa Inggris Anda di rumah. Lebih baik memiliki sesi pendek, sering daripada sesi panjang, dan jarang. Lima belas menit sudah cukup untuk anak-anak kecil. Anda dapat secara bertahap membuat sesi lebih lama seiring bertambahnya usia anak Anda dan rentang konsentrasi mereka meningkat. Buat kegiatan singkat dan bervariasi untuk menarik perhatian anak Anda.

Cobalah untuk melakukan kegiatan tertentu pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang diharapkan. Misalnya, Anda dapat memainkan permainan bahasa Inggris setiap hari setelah sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris dengan anak-anak Anda sebelum tidur.

Jika memiliki ruang di rumah, Anda dapat membuat sudut bahasa Inggris tempat Anda menyimpan segala sesuatu yang terhubung dengan bahasa Inggris, misalnya buku, permainan, DVD, atau benda-benda yang dibuat anak-anak Anda. Pengulangan sangat penting - anak-anak sering perlu mendengar kata-kata dan frasa berkali-kali sebelum mereka merasa siap untuk mampu mengucapkannya sendiri.

Bermain Game

Anak-anak belajar secara alami ketika mereka bersenang-senang. Flashcards adalah cara yang bagus untuk mengajar dan merevisi kosa kata dan ada banyak permainan yang dapat Anda mainkan dengan flashcards, seperti Memory, game Kim, Snap atau Happy Families. (silahkan di googling yah)

Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda mainkan dengan anak-anak Anda untuk membantu mereka berlatih bahasa Inggris.

- Permainan aksi - misalnya, Simon says, Charades, What’s the time Mr Wolf?
- Permainan papan - Snakes and ladders, permainan tradisional lainnya
- Game kata - mis. I spy, Hangman
- Game online - Anda dapat menyelesaikan waktu bahasa Inggris Anda dengan game online dari LearnEnglish Kids.

Menggunakan situasi sehari-hari

Keuntungan mengajar bahasa Inggris di rumah adalah Anda dapat menggunakan situasi sehari-hari dan benda nyata dari sekitar rumah untuk mempraktikkan bahasa secara alami dan dalam konteks yang sesuai keadaan. Sebagai contoh:

- Bicaralah tentang pakaian saat anak Anda berpakaian, atau saat Anda sedang menyortir pakaian cucian  (‘Let’s put on your blue socks’, ‘It’s Dad’s T-shirt’, etc.).

- Berlatihlah kosa kata untuk mainan dan furnitur ketika Anda membantu anak Anda merapikan kamar tidur mereka (‘Let’s put your teddy bear on the bed!’, ‘Where is the blue car?’).

- Ajarkan kosakata makanan saat Anda memasak atau berbelanja. Ketika Anda pergi ke supermarket, berikan anak Anda daftar barang untuk ditemukan (gunakan gambar atau kata-kata tergantung pada usia mereka). Ulangi kembali kosakata ketika Anda menyimpan belanja di rumah.

Menggunakan cerita

Anak-anak muda suka buku-buku dengan warna-warna cerah dan ilustrasi menarik. Lihatlah gambar-gambar itu bersama dan ucapkan kata-kata itu saat Anda menunjuk ke gambar-gambar itu. Kemudian Anda dapat meminta anak Anda untuk menunjuk ke hal-hal yang berbeda, mis.  ‘Where's the cat?’ Setelah beberapa saat mendorong mereka untuk mengucapkan kata-kata dengan bertanya ‘What's that?’ Mendengarkan cerita akan membuat anak Anda terbiasa dengan bunyi dan ritme bahasa Inggris.

Cerita animasi di LearnEnglish Kids adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan menyimak dan membaca. Anak yang lebih besar dapat menyelesaikan kegiatan yang dapat diunduh yang menyertainya untuk memeriksa pemahaman.

Menggunakan lagu

Lagu adalah cara yang sangat efektif untuk mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan. Lagu-lagu dengan aksi sangat baik untuk anak-anak yang sangat muda karena mereka dapat bergabung meskipun mereka belum dapat menyanyikan lagu itu. Tindakan sering menunjukkan arti kata-kata dalam lagu.

Ada banyak lagu animasi yang menyenangkan di LearnEnglish Kids yang dapat Anda dengarkan bersama anak-anak Anda. (learnenglishkids.britishcouncil.org)

Mengajarkan Grammar

Dengan anak-anak yang lebih kecil (TK atau SD), tidak perlu mengajarkan aturan tata bahasa secara eksplisit, tetapi sebaliknya biasakan mereka untuk mendengar dan menggunakan struktur tata bahasa yang berbeda dalam konteks, misalnya  ‘have got’  ketika Anda berbicara tentang penampilan seseorang, atau  ‘must/mustn’t’ Ketika berbicara tentang aturan sekolah mereka.

Mendengar tata bahasa yang digunakan dalam konteks sejak usia dini akan membantu anak Anda menggunakannya secara alami dan benar ketika mereka lebih dewasa.

Untuk anak-anak yang lebih besar (smp atau sma), Anda dapat menggunakan bagian latihan tata bahasa di LearnEnglish Kids. Video, kuis, dan permainan membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan santai.

Ini dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak yang lebih besar untuk mengajar saudara mereka atau anggota keluarga lainnya. Menjelaskan cara menggunakan tata bahasa kepada orang lain membantu Anda menguasainya sendiri.

Kata dan frasa mana yang harus saya ajarkan pertama kali?

Pertimbangkan minat dan kepribadian anak Anda ketika memutuskan topik mana yang akan diajarkan, dan biarkan anak Anda membantu Anda memilih. Anda mungkin ingin memulai dengan beberapa topik ini:

- angka (1–10; 10–20; 20–100)
- warna
- kata sifat (e.g. big, small, tall, happy, sad, tired)
- tubuh
- mainan
- pakaian
- hewan (e.g. pets, farm animals, wild animals)
- makanan

Anda dapat menemukan banyak kegiatan yang menyenangkan pada beragam topik di LearnEnglish Kids.

Penting juga bagi anak Anda untuk membiasakan diri dengan 'English Time', jadi gunakan frasa yang sama dengan anak Anda setiap kali, mis.  ‘It’s English time! Let’s sit down. Which song shall we start with today?’ Children will soon pick up phrases such as please; thank you; Can I have …?; Where is …?; Point to …; What colour is it?; It’s …; I like …; I don’t like …

Apa pun pendekatan Anda, hal terpenting adalah bersantai, bersenang-senang, dan menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi Anda dan anak Anda. Tidak ada salahnya kalau Anda memanggil guru les privat bahasa Inggris ke rumah.


No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall