Thursday, November 15, 2018

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengerti Bahasa Inggris Slang / Gaul

Slang! Itu membuat profesor bahasa menjadi gila akan tetapi bahasa slang membantu kita semua mengekspresikan diri kita lebih berwarna. Apa yang dimaksud bahasa slang (gaul)? Menurut kamus, slang adalah "jenis bahasa yang terdiri dari kata-kata dan frasa yang dianggap sangat informal, lebih umum dalam berbicara daripada menulis, dan biasanya terbatas pada konteks tertentu atau sekelompok orang." Ini mungkin tampak aneh, tetapi Anda harus belajar bahasa gaul saat mempelajari bahasa baru, dan tentunya pada saat belajar bahasa inggris juga.

Salah satu hal paling keren (dan paling menjengkelkan bagi pembelajar bahasa) tentang bahasa gaul adalah bahwa hal ini selalu berubah. Arti kata-kata slang berkembang dari waktu ke waktu untuk mencerminkan nilai-nilai dan sikap budaya, dan terkadang bahasa gaul memberikan kata-kata standar jadi memiliki makna baru.

Contohnya kata "hot". Ini secara tradisional digunakan untuk mengekspresikan perasaan kehangatan yang ekstrim. Tetapi itu juga memiliki arti slang, di mana itu berarti menarik. Jadi, jika seseorang mengatakan "I'm hot" mereka bisa mengatakan satu dari dua arti yang berbeda, dan dengan memahami konteksnya maka akan menjadi lebih mudah untuk mengetahui apa yang mereka coba katakan. Baca terus untuk mengetahui mengapa sangat penting untuk belajar bahasa gaul.



7 Alasan Anda Harus Belajar Bahasa Slang

1. Lebih memahami budaya
Anda dapat belajar banyak tentang budaya jika Anda belajar bahasa gaul dan idiom. Ambil bahasa gaul Amerika, misalnya. Amerika memiliki beberapa cara aneh untuk mengatakan bahwa kami berhasil dalam sesuatu. Anda mungkin pernah mendengar, "I murdered that exam or I kicked its ass", yang keduanya benar-benar berarti saya berhasil mengerjakannya, atau saya melakukannya dengan sangat baik.

Sekarang, bayangkan Anda baru belajar bahasa Inggris dan mendengar ekspresi tersebut. Jika Anda tidak memahami idiom itu, Anda mungkin mulai berpikir Anda bergaul dengan orang yang sangat suka kekerasan yang suka membunuh dan memukuli potongan-potongan kertas. Anda mungkin akan sangat bingung.

Hal yang sama berlaku juga untuk bahasa baru apa pun yang Anda pelajari, apakah itu bahasa Jerman, Prancis, Mandarin, atau Spanyol.

Penting juga untuk mengetahui bahwa idiom biasanya tidak dapat langsung diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain. Dalam bahasa Inggris, mereka menggunakan frase "bored to death" untuk mengatakan kami benar-benar bosan, tetapi dalam bahasa Spanyol, mereka mengatakan "aburrido como una ostra" (bosan seperti tiram) untuk mengekspresikan arti yang sama.

2. Mencegah kesalahpahaman
Jika Anda belajar bahasa gaul dari suatu bahasa, Anda akan lebih mampu memahami apa yang dikatakan orang. Dalam contoh di atas, Anda mungkin bingung mendengar seseorang mengatakan mereka membunuh sebuah tes. Jika Anda hanya memahami kata pembunuhan dalam arti harfiahnya, Anda tidak akan tahu apakah itu adalah hal yang baik atau buruk.

Dalam bahasa Prancis, mereka mengatakan "gueule de bois" untuk mengatakan hangover - keadaan setelah mabuk biasanya keesokan harinya, tetapi secara harfiah diterjemahkan sebagai mulut kayu. Terlebih lagi, kata gueule adalah slang untuk mulut atau wajah, tetapi secara harfiah berarti mulut hewan. Anda dapat melihat betapa bingungnya Anda jika Anda tidak memahami slang.

3. Memahami musik dan sastra populer
Slang ada di mana-mana termasuk di dalam musik dan tulisan populer. Bahkan, akan sulit untuk memahami banyak musik Amerika jika Anda tidak tahu bahasa gaul. Terkadang, slang dari subkultur tertentu diperkenalkan ke mainstream melalui musik.

Bahkan terkadang belum tentu semua orang bule pernah mendengar beberapa kata-kata gaul yang disebutkan, atau coba tanyakan saja guru les ato native speaker di Indonesia belum tentu mereka mengerti. Kadang-kadang kita harus belajar bahasa gaul sendiri karena sering berubah dengan kemajuan jaman.



4. Jadi lebih kreatif
Sering kali, slang disebut “colorful language” atau "bahasa penuh warna", setidaknya di Amerika Serikat. Menggunakan bahasa gaul benar-benar membantu mewarnai bahasa Anda dan membuatnya lebih menarik dan kreatif.

Jika Anda belajar berbahasa Prancis, Anda akan menemukan bahwa ada banyak kata-kata 'dipinjam' dari bahasa lain. Misalnya, "kiffer" berarti suka dan merupakan kata bahasa Arab yang telah diadopsi oleh penutur bahasa Perancis. Menggunakannya dalam kalimat Anda dapat membuat mereka terdengar lebih kreatif daripada hanya mengatakan kata yang sama artinya secara berulang-ulang.


5. Mudah beradaptasi di tempat baru
Ketika Anda tahu bahasa gaul, Anda lebih bisa menyesuaikan diri saat mengunjungi negara lain. Tentu saja penting juga untuk mempelajari slang dengan aksen khusus yang digunakan di daerah tersebut.

Dari bahasa yang saya pelajari, bahasa Spanyol adalah bahasa yang menekankan pentingnya aksen. Bahasa ini banyak digunakan di Amerika Selatan. Setiap negara memiliki budaya dan sejarahnya sendiri yang membantu membentuk bahasa gaul.

6. Akan meningkatkan kefasihan Anda
Ada banyak hal yang tidak akan Anda mengerti jika Anda tidak tahu bahasa gaul. Pikirkan sesaat tentang percakapan harian kita sendiri dalam sehari - hari, seberapa seringnya kita menggunakan bahasa yang tidak baku. Seberapa sering Anda menggunakan bahasa gaul?

Contoh lain, ada beberapa idiom Jerman yang sangat menarik yang tidak masuk akal bagi Anda jika Anda tidak tahu apa yang mereka maksud. Apakah Anda tahu apa arti "Das Ei des Kolumbus" , (telur dari Columbus)? Mungkin tidak, dan itu tidak mudah ditebak kecuali Anda memiliki pengetahuan lebih banyak tentang konteksnya. Kalimat tersebut berarti solusi mudah untuk sesuatu yang tampaknya sulit . Mana mungkin akan mengerti itu! Ya kan? Ini adalah alasan paling penting untuk belajar bahasa gaul.

7. Menghindari kata -kata tabu
Pikirkan tentang bahasa gaul dalam bahasa Indonesia untuk sesaat. Adakah beberapa kata yang tabu atau terlarang dalam budaya kita? Adakah kata-kata yang berarti sesuatu yang sangat negatif, tetapi hanya ketika digunakan dalam konteks tertentu? Saya yakin itu ada.

Dan kita dapat yakin bahwa jika kata-kata tabu ini ada dalam bahasa Indonesia, kata-kata itu juga ada dalam bahasa baru yang kita pelajari. Inilah mengapa sebenarnya adalah hal yang baik untuk mempelajari kata-kata makian dan ekspresi menghina yang digunakan dalam bahasa baru Anda. Dengan cara itu Anda akan dapat memastikan Anda tidak menggunakannya.

Cukup sekian semoga bermanfaat dan mari kita belajar sedikit - dikit bahasa slang :)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall