Wednesday, November 14, 2018

3 Penghambat Utama Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Dalam beberapa tahun terakhir, mengikuti kursus bahasa inggris semakin terasa penting. Hal ini disebabkan karena era globalisasi di mana semua orang dituntut untuk bisa berbahasa inggris dalam dunia kerja atau bahkan untuk berselancar di dunia maya pun banyak informasi tersimpan dalam bahasa ini. Di abad 21 ini, bahkan Anda tidak perlu lagi meninggalkan rumah dan Anda dapat memanggil guru privat bahasa inggris ke rumah. Bahkan apabila Anda sudahmenguasai sedikit dasar- dasar bahasaiggris Anda dapat mengambil kursus secara online, mungkin yang kurang dari kursus online adalah latihan percakapannya.

Ada beberapa tantangan apabila Anda telah mendaftar kursus bahasa Inggris. Sebagai murid atau karyawan yang mengambil kursus tentunya akan menghadapi beberapa tantangan untuk mengikuti kursus secara disiplin. Beberapa tantangan pembelajaran bahasa inggris yang mungkin Anda hadapi seperti rasa malas dan jenuh atau jadwal yang lagi sibuk.

Tetapi dapat dengan mudah diatasi dengan sedikit perubahan. Dan faktanya, aoabila kita dapat mengatasi hal tersebut, akan ada banyak manfaat mengikuti kursus bahasa inggris.



3 Tantangan kursus bahasa inggris yang umumnya dialami :

1. Tetap termotivasi
Jika Anda mengambil pelajaran kursus, akan sulit untuk tetap termotivasi apabila Anda seorang karyawan, karena Anda harus memotivasi diri Anda sendiri & lebih bertanggung jawab karena tidak ada yang menyuruh - nyuruh lagi. Dan untuk pelajar pun juga sama dengan rasa ingin bermain yang masih besar dan juga PR yang menumpuk tentunya akan mengurangi motivasi. 

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mencoba mengatur lingkungan eksternal Anda sehingga memungkinkan Anda untuk lebih termotivasi. Carilah tempat les bahasa inggris yang gurunya dapat mengajarkan dengan menarik atau bertemanlah sebanyak - banyaknya dengan murid lain di kelas kursus tersebut, hal ini dapat membantu Anda agar tetap termotivasi.

2. Jadwal yang sibuk 
Salah satu tantangan yang terberat dari mengikuti kelas kursus bahasa inggris adalah kesibukan kita, ini tampaknya menjadi kasus bagi banyak siswa dan juga profesional muda. Tuntutan dunia bisnis saat ini tampaknya mengganggu waktu luang masyarakat dengan cara yang besar, pekerjaan di kantor yang semakin menumpuk dan beban mata pelajaran yang dirasakan semakin berat tiap tahunnya. 

Biasanya beberapa siswa yang benar-benar termotivasi pada awalnya untuk belajar dan menghadiri semua pelajaran mereka setiap minggu, tetapi sampai masa sibuk mereka di tempat kerja atau di sekolah akan mulai menjadi masalah. Tiba-tiba mereka mulai tidak hadir dan mereka perlahan-lahan mengurangi jumlahnya kehadirannya bahkan sampai nol. Akan sulit untuk mempelajari sesuatu yang baru ketika otak Anda sedang stres, dan tubuh Anda lelah karena bekerja berjam-jam.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat meluangkan waktu untuk pelajaran Anda ketika Anda sulit mendapatkan waktu untuk beristirahat. Untuk membantu dengan kelelahan mental, Anda dapat mencoba membuat pelajaran Anda lebih menyenangkan dan mudah untuk diperhatikan. Misalnya, jika Anda belajar bahasa Inggris (atau bahasa apa pun), Anda dapat bertanya kepada guru Anda apakah Anda dapat belajar dengan mendengarkan lagu untuk sementara, hanya untuk membuatnya ringan dan menyenangkan. Ada banyak cara kreatif untuk menemukan waktu dalam jadwal Anda jika Anda benar-benar ingin mengambil pelajaran.



3. Tidak paham teknologi (masalah ini khusus bagi kalian yang mengikuti kursus online)
Beberapa orang menemukan kesulitan belajar online karena mereka tidak mengerti komputer, tetapi Anda tidak boleh membiarkan hal itu menghentikan Anda! Anda benar-benar tidak perlu menjadi ahli dalam menggunakan internet untuk mengambil pelajaran online. Sering kali, guru Anda dapat membantu Anda dengan menggunakan Skype, Google Docs, dll. Atau Anda hanya tinggal mencari di google dan youtube banyak sekali penjelasan di sana.

Banyak siswa khawatir karena mereka tidak dapat bertemu langsung dengan guru mereka, atau mereka merasa tidak akan dapat mendapatkan informasi dengan mudah. Tapi ini tidak benar  bahkan jauh dari kenyataannya. Sangat mudah untuk melakukan segala sesuatu dengan komputer Anda saat ini, dan jika Anda menggunakan laptop juga lebih mudah atau bahkan telepon genggam  Anda sekalipun. 

Bahkan jaman sekarang Anda dapat membeli makanan dari handphone Anda, bukan? Jika Anda perlu menghubungkan kamera ke desktop Anda, Anda dapat membeli kamera yang sudah istilahnya plug and play, artinya Anda cukup mencolokkan dan secara otomatis mengunduh driver apa pun yang mungkin Anda perlukan. Pada jaman dahulu semua harus dilakukan secara manual, tapi sekarang tidak lagi!

Ini sama mudahnya berbagi informasi sambil belajar online. Google memiliki cara bagus untuk membagikan dokumen dan informasi. Pada dasarnya, guru membuat dokumen dengan informasi yang Anda butuhkan dan kemudian 'membagikannya' dengan Anda. Ini berarti Anda berdua dapat melihat hal yang sama pada saat yang bersamaan. Anda bahkan dapat melihat di mana kursor orang lain berada di halaman dan juga bahwa mereka melihatnya! Jika Anda memiliki izin pengeditan, Anda berdua dapat mengetik pada dokumen dan keduanya dapat melihat apa yang tertulis. Anda juga dapat menggunakan fitur pesan dengan Skype, atau platform mana pun yang Anda gunakan untuk berbicara satu sama lain.

Terkadang solusi termudah adalah dengan les privat bahasa Inggris di mana jadwal guru dapat lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Juga materinya dapat disesuaikan, apabila kita sedang lelah maka materi bisa dipermudah tingkat kesulitannya. Perbedaan harga antara mengikuti kelas dengan private tidak terlalu jauh koq. Tantangan pembelajaran bahasa Inggris yang kita hadapi akan tereasa tidak ada artinya pada saat kita telah memperoleh manfaatnya. Silahkan dicoba semoga bermanfaat :)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall