Saturday, November 10, 2018

9 Manfaat Tak Terduga Jika Anda ikut Kursus Bahasa Inggris

Sempat terpikir di benak Anda untuk belajar bahasa baru? Itu adalah ide yang sangat bagus. Karena menurut penelitian mempelajari bahasa baru memberikan manfaat yang luar biasa untuk otak Anda dan juga memberikan banyak peluang yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan. Lalu kursus bahasa apa yang akan Anda pilih? Salah satu bahasa yang saya anjuran adalah bahasa Inggris karena banyak sekali loh manfaatnya.

Pada sat ini hampir 1,5 miliar orang di dunia menggunakan bahasa Inggris. Hampir di seluruh dunia, bahasa Inggris dijadikan bahasa standar yang perlu dikuasai dan juga menjadi standar untuk masuk perusahaan besar. Ternyata banyak sekali negara yang kamu dapat kunjungi apabila sudah menguasai bahasa ini. Belajar bahasa Inggris memiliki manfaat yang sangat besar.

Sekarang mari kita lihat satu per satu 9 manfaat apa saja yang dapat Anda peroleh dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Beberapa alasan ini mungkin tidak terpikirkan oleh Anda

9 Manfaat Penting Menguasai Bahasa Inggris

1. Menjaga Otak Anda tetap Tajam
Sebenarnya mempelajari bahasa baru apapun sangatlah baik karena membuat otak tetap aktif. Bahkan dengan belajar bahasa baru ukuran otak bisa bertambah dan juga aktifitas jaringan otak juga lebih aktif. Tidak ada kata telat untuk belajar karena manfaat ini dapat Anda nikmati pada usia kapanpun. Pada saat Anda belajar bahasa Inggris Anda memberikan latihan yang cukup berat untuk otak Anda karena memang bahasa ini cukup rumit.

Silahkan baca artikel lainnya
Ini Dia 7 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Sulit Dipelajari
Mom Inilah 10 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini

Bahasa Inggris berasal dari kombinasi beberapa bahasa asing lainnya yaitu Jerman, Latin, dan Perancis. Orang - orang Jerman, Latin dan Perancis tentunya akan merasa sedikit lebih mudah pada saat belajar bahasa Inggris. Tetapi lain halnya dengan negara Jepang,orang Jepang biasanya akan sangat merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa ini baik dari pemahaman maupun pengucapannya, bahasa pelafalan yang sama sekali baru bagi mereka.

Jadi karena kerumitan ini maka les bahasa inggris adalah piliha yang tepat untuk melatih otak Anda tetap tajam.


2. Memperbesar peluang mendapatkan Pekerjaan
Banyak sekali bahasa yang ada di dunia ini, tetapi sampai saatu ini bahasa Inggris masih dipilih sebagai bahasa internasional yang dipakai untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Karena itulah mengapa dengan menguasai bahasa Inggris maka akan semakin besar peluang Anda untuk direkrut oleh perusahaan. Bukan hanya resume Anda tampak lebih bagus tetapi memang secara statistik peluang Anda untuk direkrut menjadi lebih besar daripada pesaing lainnya yang tidak menguasai bahasa Inggris.

Bahkan bagi mereka yang bekerja dan menguasai bahasa kedua dengan fasih akan dapat mengharapkan gaji yang lebih besar sekitar 10%-15% lumayan bukan, perbedaan itu kalau dalam setahun bisa beda 1 kali gaji.
kursus bahasa inggris di bandung

manfaat lainnya belajar bahasa inggris adalah dalam hal:

a. Bisnis

Era Globalisasi memang memaksa kita untuk mempelajari bahasa Inggris, bahkan apabila kita tinggal di area terpencil sekalipun kita tidak memiliki alasan untuk menguasai bahasa ini. Sebuah survey yang dilakukan oleh Linkedin.com mengatakan bahwa hampir sekitar 90% kepala bagian HRD, CEO dan CMO menyatakan kalau karyawan yang mampu berbahsa inggris sangat membantu operasional dalam bisnis mereka. Mereka mengklaim bahwa dalam dunia bisnis bahasa Inggris memiliki pengaruh yang besar dan bahasa ini masih menjadi bahasa utama dalam sektor bisnis.

b. Ilmu Pengetahuan

Sebagian besar komunitas science menggunakan bahasa Inggris. Bahkan penemuan dan artikel yang dipublikasikan sebagian besar muncul dalam bahasa Inggris. Apabila Anda senang membaca penemuan terbaru maka manfaat belajar bahasa inggris ini akan sangat dapat dirasakan.

c. Internet

Internet yang kita gunakan sekarang ini memang pertama kali dipakai oleh negara Inggris dan Amerika, dan dua negara ini tentunya menggunakan bahasa Inggris. Untuk Anda yang sering menggunakan internet tentunya dapat keuntungan yang besar dengan menguasai bahasa inggris. Karena hampir 55% konten yang Anda akses sekarang ini berbahasa Inggris, bahkan karena hal ini makin banyak pula orang - orang di seluruh dunia belajar bahasa ini sehingga semakin banyak konten yang berbahasa Inggris.


3. Salah satu Bahasa Terbaik yang perlu Anda kuasai apabila Anda hobi travel
Apabila Anda mengira kalau bahasa Inggris hanya dapat Anda gunakan pada saat berjalan - jalan ke negara AS, inggris dan Kanada, ternyata perkiraan Anda meleset cukup jauh. Di seluruh dunia ada lebih dari 50 negara yang menggunakan bahasa Inggris. Kota - kota di Eropa bahasa Inggris menjadi bahasa nomor dua yang walaupun tidak resmi tapi digunakan di mana- mana baik oleh ekspatriat dan juga wisatawan. Bahkan di China yang penduduknya sekitar 1,3 miliar, ada beberapa juta penduduknya yang dapat berbahasa Inggris, apabila Anda berkunjung ke negara ini ada kemungkinan besar Anda bisa mengobrol dengan orang yang bisa berbahasa Inggris, tentunya di daerah kota yah.

Beberapa negara yang bisa Anda jadikan tujuan wisata apabilan Anda sudah menguasai Bahasa Inggris:

  • Antigua dan Barbuda
  • Australia
  • Bahama
  • Barbados
  • Belize
  • Grenada
  • Guyana
  • Jamaika
  • Selandia Baru
  • St Lucia
  • Trinidad dan Tobago


Selain itu, ini beberapa negara lainnya yang penduduknya cukup fasih menggunakan bahasa Inggris:

  • Swedia
  • Belanda
  • Denmark
  • Singapura
  • Malaysia
  • Korea Selatan
  • Argentina


Siap mengambil paspor Anda?

4. Membantu Anda Masuk Ke Sekolah yang Bagus
Selain bagus untuk melamar kerja, manfaat lain yang tidak kalah baiknya dari belajar bahasa Inggris adalah peluang pendidikan. Jika Anda bercita - cita melanjutkan perguruan tinggi di universtas terbaik seperti Oxford,Harvard, Stanford, MIT atau Cambridge, maka menguasai bahasa Inggris wajib hukumnya, kalau tidak bisa bagaimana Anda mengerti apa yang dosen terangkan, hehe. Diperkirakan dalam 10 tahun ke depan jumlah orang yang menguasai bahasa Inggris menjadi 2 miliar di seluruh dunia.

Jika Anda ingin benar - benar masuk sekolah ini ada baiknya mengikuti kursus bahasa inggris dari sekarang, agar dapat benar - benar menguasai bahasa inggris secara aktif. Walaupun Anda bukan berasal dari Amerika tetapi peluang untuk masuk sekolah ini sama besarnya koq, cuman faktor bahasa saja yang kadang menjadi kendala.


5. Menjadi Penulis yang Lebih Baik
Dengan menulis Anda akan lebih mudah memahami bahasa baru. Semakin rajin Anda menulis maka semakin banyak pula Anda membaca bahasa dan kosa kata baru. Hal ini membantu Anda untuk memahami sebuah buku secara lebih mendalam dan juga akan menambah kreativitas Anda.

Seperi pada saat kita bersekolah, menulis sangat membantu kita untuk menguasai dasar - dasat bahasa baru. Coba diingat pada saat pertama kali Anda bersekolah di TK atau SD, seberapa sering Anda disuruh untuk menulis abjad dan kalimat dasar? Hal ini juga sangat bermanfaat untuk kita yang telah dewasa. Apabila dilakukan dengan rutin kita akan semakin bisa merangkat kata dan kalimat sederhana lalu pengetahuan Anda akan bertambah. Lama kelamaan hal sederhana ini dilakukan maka Anda akan semakin mampu membuat kalimat yang lebih kompleks, kalian akan lebih mampu mendeskripsikan hal dengan cara yang kreatif dan menarik. Hal inilah yang dibutuhkan untuk menjadi penulis yang baik.

Sama seperti pemain musik, Anda hanya akan menguasai alat musik Anda dengan mencoba menggunakannya selama berjam - jam bahkan berminggu - minggu dan tanpa sadar Anda telah mampu menguasainya. Sama dengan bahasa Inggris, mulailah menulis dari hari ini dan tiba - tiba Anda akan menjadi hebat tanpa terasa.

les bahasa inggris di bandung

6. Menikmati Sastra Klasik dan Film dalam bahasa Asli
Kalau sudah jago bahasa Inggrisnya maka kalian dapat menonton film tanpa perlu didubing atau bahkan tanpa teks. Sebenernyar pada saat kita menonton sebuah film banyak banget waktu yang tersita untuk membaca teksnya, Anda bisa terlewat beberapa detik adegan seru ataupun reaksi wajah dari para pemainnya.

Selama beberapa abad terakhir, banyak karya klasik film dan sastra dunia dibuat dalam bahasa Inggris. Apabila Anda mencoba membaca salinan terjemahan dari karya - karya ini, pasti cenderung akan merasa ada yang tidak sesuai atau berasa engga pas. Hal inipun yang terjadi pada karya sastra klasik yang diterjemahkan dari bahasa Inggris. Terjemahan ini membuat kita tidak bisa menikmati hasil karya seniman hebat Shakespeare, Stephen King, Hitchcock hingga Scorsese. Cobain deh nikmati karya ini dalam bahasa aslinya pasti akan terasa berbeda.

Manfaat lainnya adalah Anda dapat memahami pop culture. Kalau Anda menonton film yang lagi trend saat ini, Anda akan lebih mengerti trend apa yang sedang terjadi saat ini di dunia. Dan tentunya ini bisa menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan.

7. Pindah Kewarganegaraan
Ketidak mampuan berbahasa Inggrris bisa merupakan kerugian yang cukup lumayan. Apabila Anda ingin menjadi warga negara Amerika Serikat maka Anda harus lulus tes bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris juga bermanfaat apabila kita ingin memiliki ijin tinggal di negara lain yang berbahasa Inggris.

Mencari pekerjaan semakin lama akan semakin sulit apalagi kalau kita tidak dibekali kelebihan berbahasa Inggris, lowongan pekerjaan akan semakin sempit. Ini akan mempengaruhi kehidupan Anda ke depannya karena pekerjaan itu penting untuk pendapatan. Banyak pula tempat - tempat umum yang menggunakan bahasa Inggris misalkan ada tulisan "smoking area", "exit", "pull", "push" tentunya untuk orang yang tidak bisa bahasa Inggris ini akan membingungkan.



8. Meningkatkan Fokus
Penelitian baru - baru ini membenarkan apa yang dari dahulu sering dipertanyakan: apakah otak bilingual memiliki perhatian dan fokus yang lebih baik daripada otak yang hanya bisa satu bahasa, dan ternyata hal ini memang benar. Otak akan meningkat fokusnya apabila kita sering berpindah dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Sebenernya hal ini tidak terlalu kita sadari tetapi hal itu terjadi di dalam kepala kita.

Misalkan pada saat Anda menonton film berbahasa Inggris maka otak Anda akan secara otomatis menerjemahkan ke bahasa Indonesia juga atau pada saat membaca buku berbahasa Inggris juga begitu. Hal ini menyebabkan kemampuan fokus otak kita meningkat.

9. Menambah relasi
Dengan mengikuti kursus bahasa inggris kita akan menambah teman. Tempat kursus bahasa Inggris yang bagus biasanya akan menekankan pula percakapan dalam bahasa inggris, dengan bercakap cakap tentulah kita akan semakin mengenal satu sama lain. Dan mungkin ke depannya teman Anda bisa menjadi jodoh Anda atau pula teman memberitahu lowongan pekerjaan atau kesempatan bisnis.

Sekarang setelah Anda memahami manfaat pentingnya mengikuti les bahasa Inggris, sekarang saatnya untuk mencari tempat les bahasa Inggris yang bagus :)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall