Sunday, November 11, 2018

Panduan Paling Lengkap Belajar Bahasa Inggris Online Gratis

Apakah anda ingin belajar bahasa Inggris tapi tidak ada waktu atau mungkin sedang hemat biaya? Dalam artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya belajar bahasa inggris online dan gratis. Tentunya Anda butuh quota internet yah, kalau mau lebih hemat lagi cobalah pake wifi gratis :)

Dalam artikel ini, kami akan berbagi lebih dari 30 sumber pelajaran bahasa Inggris secara online dan tentunya gratis. Dengan mengikuti tips ini juga Anda akan dapat belajar Bahasa Inggris lebih cepat. Saya akan memaparkan 30 sumber favorit dan juga praktis bagi Anda untuk belajar bahasa Inggris. Di sini Anda dapat memilih mana yang kalian suka misalkan belajar dengan mendengarkan siaran dari Soundcloud, Spotify atau menonton dari Youtube, dll. Tidak perlu memakai semua sumber ini tetapi pilihlah yang menurut Anda paling bagus dan nyaman.

Daftar ini akan saya susun berdasarkan sumbernya di web mana Anda bisa menemukannya dan level bahasa inggris yang Anda butuhkan. Apabila dalam daftar ini saya menyebutkan lebih dari sekali itu karena sumber ini memiliki isi yang bagus. Tetapi saya akan mengusahakan untuk menuliskan daftar ini tanpa ada yang terulang.

30 Website Pelajaran Bahasa Inggris Gratis Online




Soundcloud

Untuk bahasa Inggris tingkat pemula:

Learn English Easy. Anda akan diajarkan dengan pengucapan lebih lambat sehingga telinga kita dapat menyesuaikan dengan aksen Amerika Utara.

Learn English for free. Mata pelajaran yang diajarkan adalah untuk pemula. Kita dapat berlatih banyak hal mulai dari perkenalan alfabet dan pengucapan kata-kata dasar.


Untuk tingkat lanjut

Sulaiman Althuwaini, di sini kita dapat menikmati berbagai cerita dan praktikkan pemahaman mendengarkan Anda di tingkat lanjutan.





Spotify

Untuk bahasa Inggris pemula: 

Sing And Learn English oleh Stephane Husar. Pendekatan pembelajarannya melalui bernyanyi bersama sekalian belajar bahasa, belajar seperti ini tentunya sangat cocok dan menarik untuk anak - anak tetapi Anda yang sudah dewasa pun tetap dapat melakukannya, belajar harus dibuat menarik bukan?

Learn English Through Music oleh James Hampshire. Level yang Anda dapat adalah basic dan diajarkan menggunakan gaya reggae dan irama populer untuk mengajarkan konsep bahasa Inggris dan tata bahasa kepada siswa. 

Untuk bahasa Inggris menengah:

English Language course oleh the Learning Laguage Company, memeliki fitur dan kelebihan yang berfokus pada tanda baca yang tentunya akan membantu kita untuk lebih memahami bahasa Inggris dengan lebih baik. Fitur ini juga membantu kita untuk lebih memahami percakapan dalam bahasa Inggris dengan objek yang lebih sulit. Kelebihan lainnya adalah membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis.






iTunes Podcast

Tiga podcast berikut adalah untuk pelajar tingkat menengah hingga lanjutan yang ingin mendengar materi dari native speaker asli Inggris dan Amerika Utara:

Learn English British Council 

Voice of America Learning English Broadcast 

Real Life Global English Podcasts 


Sementara podcast terakhir ini paling cocok untuk pelajar tingkat lanjut: Luke’s English Podcast 




Youtube

Untuk bahasa Inggris pemula:

Learn British English Free, diajarkan oleh Chris banyak videonya berfokus pada pelatihan aksen Inggris British umm kira - kira seperti aksen pada film Harry Poter. Halyang diajarkan cukup lengkap, termasuk penggunaan sarkasme, slang, phrasal verbs dan juga diajarkan kalimat yang mengandung ekspresi.

Learn English with EnglishClass101.com dan juga termasuk Lyric Lab, kita dapat belajar bahhasa Inggris dengan lagu.

English for You with Canadian Molly Stone, di sini Anda akan diajarkan pelafalan yang berbeda dari guru bahasa Inggris native speaker yang berasala dari berbagai belahan dunia.

EnglishLessons4U: Belajar bahasa Inggris bersama Ronnie! engVid. Ronnie menyajikan dalam bahasa Inggris dengan aksen Amerika Utara.

Helena Daily English mengajarkan banyak ekspresi yang paling umum dan ini akan membantu Anda belajar Bahasa Inggris secepat mungkin.

Keep Smiling English memiliki konten yang yang banyak disukai oleh subscirbernya terumata untuk bahasa Inggris kelas menengah (intermediate). Dia juga banyak menguggah video berdurasi pendek yang menghibur tentang bahasa Inggris.

Ada juga Learn English with Emma engVid , yang juga hadir dalam bahasa Inggris dengan aksen Amerika Utara.

Untuk Pembelajar bahasa Inggris tingkat menengah dan lanjutan:

Real Life English. Anda akan diajarkan bahasa Inggris dengan menonton potongan pendek dari adegan acara TV populer dan juga diberi teks terjemahan agar kita dapat belajar.




Aplikasi seluler

Duolingo Bahasa Inggris dapat digunakan ke bahasa lain sebagai berikut: Spanyol, Portugis, Rusia, Italia, China, Turki, Jerman, Arab, Vietnam, Polandia, Hindi, Hungaria, Jepang, Rumania, Belanda, Korea, Ceko, Indonesia, Ukraina, Yunani, Thai, Bengali , Tagalog, Tamil, Punjabi, Telugu. Duolingo paling baik untuk pemula. Anda dapat mendaftar di situs web dan mengunduh aplikasi dan masuk untuk melatih bahasa Inggris Anda saat bepergian.

LingQ.com memiliki versi gratis. Tidak masalah bahasa apa yang Anda pelajari selama bahasa di Google terjemahkan. Bahannya bagus untuk semua level pelajar bahasa Inggris.




Platform Kursus Online

Di sini ada empat platform kursus bahasa inggris online, dan materi yang diajarkannya dapat dipilih dari tingkat menegah dan lanjutan. Yang tidak boleh lupa adalah untuk memeriksa tanggal kursus, karena ternyata tidak semua kursus onlinenya dapat diakses secara terus menerus dan kapan saja.

Tetapi walaupun begitu ada keuntungannya juga loh dari kursus dengan tanggal mulai yang telah ditetapkan. Keuntungannya adalah Anda menjadi bagian dari komunitas pembelajaran bahasa Inggris online dan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain yang ingin belajar bahasa Inggris lebih cepat, di mana Anda dapat bertukar saran dan berinteraksi dengan guru di online forum.

alison.com memiliki berbagai macam kursus untuk dipilih, termasuk dasar-dasar tata bahasa Inggris, keterampilan menulis, cara berbicara dan menulis bahasa Inggris secara efektif, bahasa Inggris percakapan, bahasa Inggris bisnis, dan bahasa Inggris untuk perjalanan. Kerugian utama dengan versi gratis Alison adalah bahwa Anda harus akan melihat banyak iklan sehingga akan seidikit sulit untuk mengklik dan tidak dapat mengakses konten secepat pelanggan premium.

udemy.com memiliki program yang gratis dan yang berbayar. Banyak kursus yang ada di udemy dan harganya pun bervariasi terserah kepada instruktur untuk memutuskan harga untuk kursus yang diberikan. Kursus yang ada di Udemy menyediakan banyak konten seperti video, artikel, bonus pelajaran tambahan dan ada sertifikatnya juga loh.

FutureLearn.com Tidak seperti Alison dan Udemy, kursus di FutureLearn memiliki tanggal mulai dan akhir yang telah ditentukan. Biasanya kelas berlangsung antara empat sampai enam minggu. Anda dapat berinteraksi dengan sesama siswa dan guru. Kelas yang ada di Futurelearn mengajarkan persiapan untuk proficiency tests, bahasa Inggris di tempat kerja, dan juga budaya di Negara Inggris.

EdX.org kursus online ini mirip dengan FutureLearn, kursus EdX juga memiliki tanggal mulai dan akhir yang yang telah ditentukan. Anda dapat memperoleh materi kursus seperti English composition, riset dan keterampilan menulis, bahasa Inggris untuk bisnis, dan kemampuan membaca bahasa Inggris.





Ekstensi / Add On pada Google Chrome

FlipWord.co , Anda dapat meningkatkan bahasa Inggris Anda secara pasif. Ada materi dalam bahasa lain, seperti bahasa China, dan pada saat Anda browsing Anda dapat sambil belajar bahasa Inggris, sebaiknya kunjungi saja webnya agar lebih jelas. Anda juga dapat menerima kuis tentang kemampuan Anda untuk mengingat kosakata dan membuat kalimat yang tepat.

Anda dapat menelusuri konten dalam bahasa lain selain bahasa Inggris dan fokus pada belajar Bahasa Inggris secara pasif dan mendapatkan kuis pada bahasa Inggris Anda saat Anda melakukan hal-hal yang sudah Anda lakukan, seperti menggunakan Facebook dan membaca blog. FlipWord terus berkembang, jadi jika ada bahasa yang Anda inginkan tapi belum didukung, kita  dapat periksa lagi nanti.

ReadLang.com, versi gratis memungkinkan Anda menerjemahkan kata tanpa batas dan anda juga mendapat flashcards serta sepuluh terjemahan frase per hari. Anda menggunakan ReadLang sebagai ekstensi di browser Chrome Anda dan saat Anda membaca konten berbahasa Inggris secara online, Anda mengklik kata atau frasa yang ingin Anda pelajari. Add On ini terhubung dengan Google translate untuk memberi tahu Anda arti dari kata dan frasa tanpa harus meninggalkan halaman.






Situs web / Aplikasi

Untuk bahasa Inggris tingkat pemula:

Daftar berikut termasuk situs web yang akan membantu Anda belajar Bahasa Inggris lebih cepat.

Learn English by the British Council  Situs ini akan membantu Anda belajar Bahasa Inggris lebih cepat melalui serangkaian episode. Anda juga disediakan perkiraan tingkat bahasa Inggris Anda dengan tes bahasa Inggris online gratis. Tes ini berguna untuk menentukan apakah Anda berada pada tingkat pemula atau menengah. Tetapi yang menjadi masalah dengan tes ini adalah tingkat kesulitannya. Bahkan native speaker dan tingkat advanced pada saat melakukan tes dan diberi bilai bahwa mereka 'menengah atas'. Pada dasarnya tes ini dirancang untuk membantu Anda menemukan materi yang sesuai dengan level Anda.

Voice of America Learning English Broadcast mereka memiliki beberapa seri broadcasts, dan sebagai tambahan Anda dapat mengeksplore banyak videos seperti “English @ the Movies” dan “Everyday Grammar TV”. Apabila Anda pembelajar tingkat menengah, tentu akan sangat senang dengan fitur ini.

Situs web EspressoEnglish.net memiliki pelajaran bahasa Inggris gratis dan e-book gratis untuk membantu Anda belajar Bahasa Inggris lebih cepat dan terutama ditujukan bagi tingkat menengah.

Pembelajar tingkat menengah dan lanjutan:

BBC Learning English via Player FM. Memiliki berbagai program untuk menjelaskan ekspresi yang sesuai dengan plot cerita. Ada banyak materi yang bisa dipilih dan merupakan tempat yang bagus untuk menambah kosakata Anda.

RealLifeGlobal : mendengarkan wawancara dan siaran, mempelajari kosakata dan juga ekspresi idiomatik.

Teacher Luke  sangat cocok untuk siswa tingkat lanjut. Ada banyak topik yang berbeda untuk didengarkan dan dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan Anda. Salah satu hal yang sangat bagus dari website ini adalah Anda dapat mengunduh transkrip untuk Anda baca sambil mendengarkan siaran podcast dari Luke.

BliuBliu.com memiliki versi gratis tetapi hanya dapat Anda gunakan hingga lima menit setiap kalinya. Apabila Anda menggunakannya untuk pertama kalinya, lakukan tes singkat untuk menentukan tingkat bahasa Inggris Anda dan kemudian Anda dapat fokus pada konten yang Anda anggap menarik. Dengarkan selagi Anda membaca konten pendek dalam bahasa Inggris, dan tandai kata-kata yang belum Anda ketahui.




Blog pembelajaran bahasa Inggris

english.com di sini kita bisa belajar bahasa inggris dari kisah - kisah sukses dan juga belajar dari fakta bermanfaat.  Dan juga ada tentang hal-hal sepele yang menarik berhubungan dengan bahasa Inggris, blog ini akan sangat membantu Anda jika Anda berada di tingkat menengah hingga mahir.

blog.AbaEnglish.com Sebuah blog yang cukup lengkap dengan berbagai penjelasan untuk semua level.

Langkah selanjutnya

Daftar di atas akan membantu Anda mencapai tujuan belajar bahasa Inggris dengan lebih efisien dan lebih cepat. Tergantung pada tingkat Anda saat ini dan seberapa cepat Anda perlu belajar bahasa Inggris, sesuaikan dengan waktu dan rutinitas harian Anda. Pilih yang paling cocok dan yang sesuai dengan selera Anda dan sesuaikan tingkat dan tujuan pembelajaran Anda.

Apabila Anda ada waktu dan biaya tidak ada salahnya untuk ikut kursus bahasa inggris, dalam 2 bulan Anda sudah akan memiliki dasar yang kuat dan selanjutnya bisa dilanjutkan dengan belajar secara online.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall