Saturday, November 10, 2018

10 Rahasia Cara Membuat Anak Senang Belajar Bahasa Inggris

Pada dasanya sebagai orang tua, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat anak senang belajar bahasa Inggris. Pada umur ini belajar adalah hal yang alami bagi mereka. Anak - anak selalu tertarik dan penasaran untuk mengetahui bagaimana dunia bekerja dan apapun yang terjadi di sekitarnya. Mereka sering bertanya akan segala sesuatu, nah sekarang tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Agar anak senang belajar Bahasa Inggris perlu menggunakan kata - kata yang memotivasi, hal ini akan membuat mereka senang untuk belajar. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama dan disertai belajar, misalkan menonton acara kartun berbahasa inggris atau bernyanyi lagu anak berbahasa Inggris. Mereka akan dengan senang hati mengulang kalimat berbahasa inggris.

10 Rahasia Cara Membuat Anak Senang Belajar Bahasa Inggris

Inilah 10 tips bagaimana cara membuat anak suka belajar bahasa Inggris :

1. Ajarkan sedini mungkin
Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan untuk meniru suara dari bahasa apapun. Pada saat berumur 10 bulan mereka mulai mendengarkan suara - suara di sekitar mereka. Jadi apabila Anda tertarik untuk mengajarkan bahasa asing ada baiknya mulai memperkenalkan semenjak tahun pertama.

Tetapi apabila kesempatan itu telah lewat tunggulah sampai mereka berumu 2 atau 2,5 tahun. Anda akan melihat mereka mulai sangat suka meniru dan belajar kosa kata baru, ini adalah kesempatan emas untuk sedikit memasukan kosa kata bahasa asing pada saat mengajarinya berbicara.

2. Selalu beri motivasi.
Sebagai orang tua  sebaiknya selalu memberi motivasi yang positif. Apabila membuat kesalahan jangan dimarahi, karena kita pada dasarnya belajar dari kesalahan.

Gunakan kata - kata yang tepat untuk memotivasi, misalkan pada saat anak sedang meniru ucapan dalam bahasa Inggris dari televisi tapi salah : daripada mengatakan "Kamu salah mengucapkan kata itu dalam bahasa Inggris" lebih baik katakan "Wah pinternya anaku, coba kita ulangi lagi yah" nah Anda ucapkan dengan benar sehingga sang buah hati bisa mengikuti.



3. Beri alasan sang buah hati untuk suka belajar
Misalkan untuk mengajarkan anak sd atau tk untuk membaca buku ceria berbahasa Inggris kita tidak perlu selalu memberikan hadiah seperti kue dll. Ajaklah sang buah hati untuk membaca buku tersebut bersama dia pasti menyukainya karena ditemani. Cobalah katakan "Nak ayu kita baca buku ini barengan, rame loh tentang astronot. Kamu bakalan suka deh, nanti kalau suka kita baca lagi buku lainnya yang tentang antariksa yah"

4. Belajar lebih cerdas bukan lebih keras
Berdasarkan riset belajar di suatu tempat yang sama secara terus menerus akan menyebabkan kebosanan dan membuat belajar terhambat. Belajar di lingkungan yang berbeda lebih baik karena memaksa otak untuk membuat lebih banyak asosiasi.

Jadi apabila sang buah hati sedang bosan jangan dipaksakan untuk belajar terus lebih keras. Tetapi ajaklah anak untuk belajar di tempat yang berbeda, bahkan belajar bahasa inggris tidaklah harus di meja atau di tempat tertentu. Kita bisa mengajarkan banyak kosa kata sambil mengajak si kecil jalan - jalan. Misalkan sambil berberlanja di supermarket Anda dapat menambah kosa kata. Sambil membeli sayuran dan menyebutkan sayuran tersebut dalam bahasa Inggris. Tentunya hal ini lebih menyenangkan bukan?



5. Membaca bersama
Anda bisa mulai membacakan buku cerita berbahasa inggris bahkan sedari anak masih bayi ketika menyusui atau meninabobokan. Ketika anak mulai berumur dua - tiga tahun mulailah membeli dan mengkoleksi buku cerita bahasa inggris bergambar, dan ajaklah si kecil untuk belajar bersama.

Lakukanlah secara rutin dan sesering mungkin. Misalkan pada saat sebelum tidur dan juga tiap Anda lagi senggang dan beristirahat dari kesibukan rumah tangga.

6. Bernyanyi Bersama
Bernyanyi adalah cara yang bagus dan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan cepat. Dengan membaca lyric akan membantu menambah kosa kata. Bernyanyi juga bisa dilakukan di mana saja dan bisa diulang ulang tanpa merasa bosan.

Bernyanyi juga membantu pelafalan juga loh, karena secara tidak sadar kita meniru bagaimana cara melfalkan yang baik dan benar. Pilihlah lagu yang sesuai dengan umur yaa.. Oya tidak perlu langsung hafal seluruhnya, nyanyikan saja sebagian - sebagian.

Oya kelebihan lainnya adalah selain kita belajar mendengar bahasa Inggris kita juga belajar menyanyikannya. Jadi langsung belajar listening and speaking.

7. Bermain game Online
Semua anak tentunya senang bermain game, dengan kemajuan teknologi saat ini game dapat dengan mudah didownload di tablet atau smartphone Anda. Downloadlah apps yang memiliki banyak gambar dan tentunya yang berbahasa Inggris, pilihlah yang sekiranya aman dan tidak membuat anak bosan.

Belajar haruslah dibuat menyenangkan agar anak tidak kapok, malah dengan senang hati mereka akan belajar.

8. Menonton Bersama
Temani buah hati Anda untuk menonton film anak - anak yang berbahasa Inggris. Pilihlah film yang mudah mereka mengerti, jangan yang terlalu cepat tetapi pilihlah film yang mendidik. Biasanya film ini lebih lambat dan banyak pengulangan sehingga anak lebih mudah menangkap bahasanya.

8. Ajaklah anak untuk berbicara bahasa Inggris sedikit -sedikit
Sekali kali gunakanlah kalimat bahasa Inggris dalam kegiatan sehari - hari. Seperti pada saat memanggil anak untuk menggosok gigi atau memakai sepatu. Tidak apa apabila bahasanya dicampur dengan bahasa Indonesia, misalkan: pada saat menonton TV Anda bisa mengatakan "lihat nak itu ada horse" sambil menunjuk kuda di televisi. Lama kelamaan kosa kata anak akan bertambah.

Milikilah ekspektasi yang wajar, tentu saja anak tidak akan langsung lancar berbahasa Inggris hanya dari bermain, bernyanyi atau bermain game. Semua ada tahapan dan butuh proses. Hanya dengan sering mendengar dan mengucapkan, mereka akan sedikit demi sedikit mengerti kalimat yang diucapkan. Misalkan ucapkan good night setiap malam atau good morning setiap pagi, mereka akan mengerti dengan sendirinya.

10. Panggil Guru les ke rumah Anda
Apabila Ada sendiri tidak terlalu menguasai Bahasa Inggris tidak ada salahnya untuk meminta bantuan guru les. Mengikuti les private bahasa inggris untuk anak dapat menjadi solusi yang baik dan mudah. Ada baiknya memanggil guru les bahasa Inggris ke rumah sehingga anak tetap bisa diawasi. Carilah guru les yang sabar dan juga cukup lancar berbahasa Inggris, karena belajar melalui listening dan speaking sangatlah penting. Karena pada dasarnya anak belajar dengan mendengarkan dan mnirukan ucapan.

Belajar bahasa asing sejak dini memiliki banyak sekali manfaat. Dengan belajar bahasa asing otak anak menjadi lebih sehat, lebih cerdas, efektif efisien, dan juga anak menjadi lebih dapat multitasking. Silahkan baca artikel ini: Mom Inilah 10 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini. 

Semoga tips ini bermanfaat:)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall