Friday, November 16, 2018

3 Alasan Anda Harus Belajar Pronunciation Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Pronunciation


Adalah suatu kesalahan kalau Anda berpikir bahwa pronunciation itu kurang penting dibandingkan kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Pronunciation adalah jembatan antara Anda dengan seorang penutur asli bahasa Inggris. Ini adalah hal pertama yang diperhatikan oleh siapapun tentang Anda, ketika Anda mulai berbicara. Tanpa pelafalan yang jelas, pesan bisa hilang atau membingungkan. Si pendengar bahkan mungkin mulai merasa frustrasi karena mereka tidak mengerti apa yang Anda katakan!

Pengucapan atau pronunciation bukan tentang menghilangkan aksen Anda. Ini adalah tentang membuat bahasa Inggris Anda terdengar jelas dan berbeda, jadi tidak ada kebingungan tentang apa yang Anda katakan.

pentingnya belajar pronunciation

Berikut tiga alasan mengapa pronunciation penting:

- Ketika Anda belajar melakukan pelafalan yang benar, bahasa Inggris Anda akan menjadi lebih mudah dimengerti. Anda akan terdengar lebih alami dan Anda dapat belajar berbicara bahasa Inggris lebih cepat.

- Ini akan membantu Anda mendengarkan Bahasa Inggris dengan lebih baik , karena Anda akan belajar mengidentifikasi dan mengenali suara yang dibuat orang lain.

- Kepercayaan diri Anda akan tumbuh, secara eksponensial . Ketika Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan jelas (tidak sempurna tidak apa, tetapi jelas) dan Anda dapat memahami pembicara bahasa Inggris lainnya dengan lebih jelas, kepercayaan diri Anda akan tumbuh. Anda akan memulai lebih banyak percakapan, Anda akan mendapatkan latihan lebih. Kemampuan Anda akan meningkat lebih cepat.

Dapatkah saya menjelaskan bahwa LATIHAN BERBICARA TIDAK SAMA DENGAN LATIHAN PRONUNCIATION?! Pelafalan adalah keterampilan yang benar-benar berbeda dan perlu penelitian khusus dan perhatian khusus . Sayangnya, itu tidak sering diajarkan di ruang kelas karena:

- Ada terlalu banyak fokus pada pengujian (yang berfokus pada membaca, menulis, mendengar, dan berbicara) dan tidak cukup fokus pada bagaimana bahasa Inggris digunakan dalam 'kehidupan nyata'. Saya jarang menemukan sekolah bahasa Inggris yang menguji pengucapannya ... Tetapi ini adalah hal PERTAMA yang akan diperhatikan oleh penutur asli ketika mereka berbicara kepada Anda.

- Guru kelas mungkin bukan penutur asli, jadi mungkin sulit bagi mereka untuk mengajarkan pelafalan bahasa Inggris secara akurat. Anda mungkin perlu untuk ikut les bahasa inggris di mana pengajarnya cukup fasih menggunakan bahasa inggris.

- Berlatih Pengucapan atau pronunciation bisa sedikit membosankan! (Tetapi ada banyak cara untuk membuat latihan menyenangkan!)

Sama seperti Anda berlatih dan belajar tata bahasa, Anda HARUS berlatih dan mempelajari pelafalan.

Ketika Anda berbicara dengan seseorang dalam kehidupan nyata, mereka mungkin tidak memperhatikan kosakata atau tata bahasa Anda yang terbatas. Tetapi mereka akan segera menyadari jika pelafalan Anda baik atau buruk. Jika pelafalan Anda buruk, mereka akan menganggap Anda sebagai pria / wanita yang berbicara bahasa Inggris yang buruk , dan tata bahasa dan kosa kata yang baik tidak akan membantu Anda!




Kami berpikir bahwa belajar bagaimana "mengatakannya dengan benar" sangat penting sehingga kami juga menulis tentang 10 tips belajar pronunciation bahasa inggris. Semoga Anda dapat berlatih dengan mereka lagi dan lagi, dan kemampuan Anda meningkat.

Tidak ada jalan pintas untuk menguasai pelafalan yang sempurna, namun ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar berlatih lebih efektif dan meningkatkan keterampilan Anda lebih cepat. Ikuti sepuluh kiat utama kami, mulailah tingkatkan pelafalan Anda dari hari ini dan Anda akan selangkah lebih dekat ke pronunciation bahasa Inggris Anda yang sempurna.

1. Dengarkan dirimu sendiri
2. Pelan - pelan!
3. Sambil dibayangkan ...
4. Melatih bibir, mulut dan lidah kita!
5. Berlatih di depan cermin
6. Tiru para ahli
7. Berlatih bahasa Inggris sendiri
8. Temukan teman berlatih
9. Perhatikan intonasi dan penekanan kata
10. Menyanyikan sebuah lagu!

1. Dengarkan dirimu sendiri
Sering kali sulit untuk mendengar kesalahan pengucapan dalam pidato Anda sendiri karena Anda benar-benar berkonsentrasi berkomunikasi daripada suara yang Anda buat. Jika Anda tidak dapat mendengar masalah pengucapan Anda, sulit untuk memperbaikinya. Cobalah merekam pembicaraan Anda dengan ponsel pintar atau PC Anda dan catatlah area spesifik yang perlu Anda tingkatkan

2. Pelan - pelan!
Banyak pelajar bahasa Inggris berpikir bahwa berbicara dengan lancar berarti mereka perlu berbicara dengan cepat. Ini salah. Berbicara terlalu cepat memperkuat kebiasaan buruk dan membuat pembicara terdengar gugup dan ragu-ragu. Berbicara perlahan akan memberi Anda waktu untuk bernapas dengan benar dan memikirkan apa yang ingin Anda katakan selanjutnya. Karena itu memberi Anda waktu untuk berpikir saat Anda berbicara, Anda akan merasa lebih santai dan dapat berkonsentrasi agar dapat melakukan pronunciation bahasa Inggris Anda fantastis.

3. Sambil dibayangkan ...
Tutup mata Anda dan pikirkan cara membuat suara sebelum mengatakannya. Visualisasikan posisi mulut dan wajah Anda. Jika Anda telah belajar dengan grafik fonemik, pikirkan tentang suara yang Anda buat dan bagaimana kaitannya dengan fonem bahasa Inggris lainnya. Jika Anda telah menggunakan diagram mulut dan lidah, pikirkan tentang bentuk yang perlu Anda buat di dalam mulut Anda jika Anda ingin membuat suara dengan benar.

4. Melatih bibir, mulut dan lidah kita!
Pengucapan adalah keterampilan fisik. Anda mengajarkan mulut Anda cara baru untuk bergerak dan menggunakan otot yang berbeda. Fokus pada suara yang sulit setiap hari. Kesulitan dengan 'th'? Letakkan lidah Anda di antara gigi Anda (jangan menggigit) dan hembuskan udara dari mulut Anda. Rasakan udara bergerak di atas lidah Anda.

5. Berlatih di depan cermin
Berdiri di depan cermin untuk melihat penempatan lidah, bibir, dan bentuk mulut Anda saat Anda membuat suara tertentu. Bandingkan apa yang Anda lihat dengan video seorang penutur asli yang mengatakan hal yang sama.



6. Tiru para ahli
Tidak ada pengganti untuk mempelajari pelafalan dari para ahli atau penutur asli. Jadi dengarkan! Dengarkan program radio berbahasa Inggris dan tonton televisi dan film dalam bahasa Inggris. Tirukan apa yang Anda dengar - bahkan jika Anda tidak yakin apa yang mereka katakan.

7. Berlatih bahasa Inggris sendiri
Masalah pengucapan tetap ada karena kami takut membuat kesalahan. Buat skenario: pada saat   menemui seseorang untuk pertama kalinya, memesan di restoran, menanyakan arah - lalu lakukan dialog sendiri. Jangan malu.

8. Temukan teman berlatih
Mendapatkan umpan balik dari pengamat luar sangat penting. Temukan teman yang juga tertarik untuk meningkatkan bahasa Inggris mereka. Cobalah bertukar pesan rekaman sehingga Anda dapat mendengarkan dengan seksama satu sama lain pengucapan.

9. Perhatikan intonasi dan penekanan kata
Pengucapan yang bagus lebih dari sekedar menguasai suara individu. Ini juga memahami intonasi (naik dan turunnya suara) dan penekanan (beberapa suara dalam kata-kata dan beberapa kata dalam kalimat lebih keras atau lebih jelas daripada yang lain). Baca puisi, pidato, dan lagu dengan keras, berkonsentrasi pada penekanan kata dan intonasi.

10. Menyanyikan sebuah lagu!
Pelajari kata-kata pada lagu - lagu berbahasa Inggris yang sedang populer dan bernyanyi bersama. Bernyanyi membantu Anda bersantai sambil mengeluarkan kata-kata yang sulit, serta membantu ritme dan intonasi Anda. Karena Anda tidak perlu berkonsentrasi pada pembuatan kalimat sendiri, Anda dapat berkonsentrasi untuk membuat pronunciation Anda terdengar lebih baik.

Lakukan tips ini satu per satu pada saat ada waktu, dan cari tahu mana yang paling cocok bagi Anda. Ingat, tidak satu pun dari tips ini yang instan tetapi mereka semua akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Dan jadikan sebagai bagian dari latihan rutin.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall