Thursday, November 8, 2018

Mom Inilah 10 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini

Ternyata banyak juga loh keuntungan belajar Bahasa Inggris sejak usia dini. Jangan kuatir apakah sang buah hati akan merasa stress belajar bahasa lain selain Bahasa Indonesia, karena ternyata otak mereka sedang berkembang untuk belajar bahasa. Selain itu belajar bahasa bisa dibuat menyenangkan dan jangan terlalu serius.

Universitas Lund di Swedia melakukan studi dan membuktikan ternyata belajar bahasa asing membuat otak dapat terus tumbuh dan tidak mentok. Anak - anak yang belajar lebih dari satu bahasa cederung lebih baik dalam hal multi tasking, mengingat jaman sekarang yang semakin komples tentunya kemampuan multitasking menjadi sangat penting. Selain itu belajar dua bahasa semenjak kecil dapat membuat otak lebih sehat, memiliki ingatan yang lebih kuat dan otak menjadi lebih efisien.

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini

10 Manfaat Belajar Bahasa Inggris sejak Kecil:

1. Kesehatan Otak
Menurut theguardian.com dan penelitian, belajar lebih dari satu bahasa membantu kesehatan otak salah satunya mencegah demensia dan alzheimer. Dan menurut penelitian mereka yang terkena struk cenderung lebih cepat pulih apabila mereka menguasai lebih dari satu bahasa.

Belajar bahasa asing juga membantu otak Anda agar tidak pikun, dan tetap tajam.

2. Otak lebih Efisien dan ingatan lebih kuat
Universitas Northwestern dan Universitas Houston meneliti dengan menggunakan MRI (untuk meneliti aktivitas otak). Mereka meneliti 35 orang dimana 18 orang hanya bisa 1 bahasa sedangkan 17 lainnya bisa dua bahasa. Para ilmuwan menemukan bahwa yang bisa dua bahasa memiliki ingatan yang lebih kuat dan efisien.

Kedua grup diberi pertanyaan yang sama sambil dilihat aktivitas otaknya. Walaupun keduanya dapat menjawab soal tersebut dengan benar tetapi kelompok yang hanya bisa satu bahasa hasil MRI menunjukan otaknya bekerja lebih berat. Hal ini terjadi karena otak orang yang mampu lebih dari dua bahasa bekerja lebih efisien.

Hasil studi MRI di Swedia juga memperlihatkan bahwa orang yang memiliki kemampuan dua bahasa memiliki ukuran otak yang lebih besar. Terutama di bagian hipokampus dan serebral korteks.  Dan hipokampus inilah yang berhubungan dengan ingatan.

3. Anak - anak Lebih mudah untuk menangkap Bahasa baru
Anak kecil di bawah 6 tahun sangat mudah untuk meniru dan juga mempelajari aksen. Hal ini dapat dapat dimanfaatkan dengan mengajari anak dengan bahasa Inggris. Dan dalam umur ini perkembangan otak lagi pesat - pesatnya sehingga mereka sangat mudah untuk menyerap apapun.

Pada usia 2-3 tahun anak mampu mempelajari pola kalimat yang dia dengar dan juga sangat mudah menangkap kosa kata. sebagai orang tua kita bisa mulai mengajarkan bahasa Inggris sedikit demi sedikit, sehingga dia sudah tidak kaget lagi pada saat lebih besar.

4. Kelenturan Kognitif
Apabila seorang anak telah belajar bahasa asing semenjak kecil maka kemampuan kognitifnya lebih fleksibel juga mempengaruhi kemampuan mereka untuk beradaptasi terhadap kejadian yang tak terduga dan juga lingkungan baru.

Menurut Antonella Sorace, seorang ahli bahasa dari Univeristas Edinburgh , Skontalndia, apabila seorang anak mempelajari bahasa asing semenjak kecil , mereka cenderung lebih mampu untuk berpindah dari tugas satu ke tugas lainnya dan tetap mempertahankan kemampuan fokusnya.

5. Kesempatan Kerja
Semakin banyak perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia. Nah sebagian perusahaan ini akan menuntut karyawannya untuk mampu berbahasa Inggris dengan aktif. Apabila sedari kecil anak kita sudah dibekali kemampuan berbahasa Inggris tentunya nanti pada saat dewasa leih mudah untuk mencari kerja. Atau mungkin saja bisa bekerja di luar negeri.

6. Peluang Belajar yang jauh Lebih Luas
Jaman sekarang ini teknologi berkembang dengan pesat dan internet bisa diakses di mana saja dan bisa belajar apa saja. Sebagian informasi yang ada di internet dalam Bahasa Inggris, sehingga apabila anak kita sudah belajar bahasa Inggris ke depannya dia akan bisa lebih berkembang lagi.

Misalkan sang anak tertarik dengan menggambar, dia dengan mudah ketik di youtube untuk menonton tutorial menggambar. Dan dapat mengerti pada saat tutorialnya berbahasa Inggris. Tapi ingat yah jangan lupa pasang filter untuk konten dewasa.

manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini


7. Mampu membuat keputusan lebih baik
Belajar bahasa ternyata melibatkan bagian otak kiri dan juga kanan. Sehingga pada saat dihadapkan pilihan anak yang mempelajari bahasa asing lebih tenang karena dapat menggunakan pikiran logisnya dan juga mampu mengontrol emosinya.

8. Lebih Kreatif
King & Mackey penulis buku "The Billingual Edge: Why, When,and How to Teach Your Child a Second Language" mengatakan bahwa anak yang belajar bahasa asing sejak dini lebih kreatif saat menjawab pertanyaan.

Alasan lainnya adalah pada saat belajar bahasa asing anak diajak bereksperimen dengan kosa kata yang berbeda beda. Anak bisa mengungkapkan ide dengan cara dan bahasa yang berbeda. Hal ini akan membuat kebiasaan yang baik setiap kali anak menemukan masalah, anak akan mencoba memecahkannya dengan beberapa alternatif. Hal ini membuat mereka lebih kreatif.

9. Mudah meneruskan jenjang Pendidikan
Dengan pintar berbahasa Inggris akan mengantarkan anak Anda untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih luas sampai ke Amerika dan lain - lain. Banyak sekolah tinggi di luar negeri dan tentunya lulusan luar negeri akan memudahkan anak untuk mencari pekerjaan bahkan pekerjaan di luar negeri dengan gaji yang tentunya lebih menarik.

10. Lebih percaya diri
Dengan menguasai Bahasa Inggris anak akan terlihat lebih keren dan cerdas. Hal ini akan membantu percaya dirinya, anak yang percaya diri akan lebih maju dan berkembang serta lebih mudah berteman. Kepercayaan diri sangat penting untuk kepribadian anak.

manfaat belajar bahasa inggris menurut para ahli

Kapan waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan Bahasa Inggris

Untuk belajar bahasa Inggris the earlier the better. Menurut Patricia Kuhl direktur Institute of Learning & Brain Sciences di  University of Washington, mulai umur 2-3 tahun anak sudah dapat diajarkan beberapa kosa kata, sedikit demi sedikit. Otak si kecil lagi berkembang sehingga apapun yang dipelajari mudah ditangkap. Dan sampai umur sekitar 6 tahun anak senang untuk meniru, jadi kita bisa mengajarkan sedikit demi sedikit atau biasakan anak untuk mendengar bahasa Inggris, seperti musik atau film yang sesuai dengan umur mereka.

Apabila sudah mulai SD anak bisa diikutkan les bahasa inggris atau bisa juga private. Tidak perlu lama - lama juga tidak apa yang penting dasarnya sudah cukup kuat, seperti 8 tenses yang umum digunakan, grammar dan sedikit percakapan mudah. Sebenernya mau tidak mau ada baiknya kita sebagai orang tua ikut belajar juga, selamat belajar yah Mom :)

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall