Saturday, November 17, 2018

Strategi Pembelajaran Listening Bahasa Inggris

Semua orang belajar dengan cara berbeda. Jadi jika kita ingin meningkatkan kemampuan listening bahasa Bahasa Inggris kita, kita harus menggunakan metode yang paling sesuai dengan gaya belajar kita. Beberapa orang belajar dengan sangat baik di ruang kelas, sementara yang lain lebih suka berlatih sendiri.

Setelah Anda berada di lingkungan yang tepat dengan metode yang tepat, Anda dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan mendengarkan Bahasa Inggris Anda. Apakah anda siap untuk memulai? Pertama kita perlu mencari tahu apa jenis pembelajar Anda.

Apa Cara Pembelajaran Bahasa Inggris yang Terbaik untuk Saya?

Sangat penting untuk berada di lingkungan yang tepat ketika hendak belajar bahasa Inggris. Untuk belajar listening, hal ini juga sangat penting, karena listening adalah keterampilan yang membutuhkan perhatian cukup banyak.

Berikut ini tiga jenis situasi belajar:

Di ruang kelas : Ruang kelas akan memiliki siswa lain dengan seorang guru, dan bertemu secara teratur. Ini mungkin cocok untuk Anda jika Anda suka berdiskusi dengan siswa lain, merasa tidak nyaman kalau belajar sendirian dengan seorang guru (privat), atau mengalami kesulitan berfokus kalau belajar sendiri ototdidak.

Les Private: Kelas private adalah sesi dimana Anda belajar hanya sendiri dengan seorang guru (atau mitra percakapan). Anda mungkin lebih suka pelajaran ini jika Anda merasa malu dengan siswa lain atau lebih mudah untuk mengajukan pertanyaan kepada seorang guru atau mitra percakapan secara pribadi (sendiri).

Belajar bahasa inggris otodidak: Anda mungkin menyukai opsi ini jika Anda suka merasa terganggu oleh orang lain di ruang kelas, terlalu sibuk untuk kelas formal, atau lebih suka belajar di tempat yang berbeda (di kereta api, di rumah, di taman) dan kapan pun Anda bisa.

Cobalah perhatikan mana yang paling sesuai untuk Anda. Setelah Anda memilih pengaturan belajar Anda, gunakan tips di bawah ini untuk berlatih mendengarkan dalam bahasa Inggris.


Strategi untuk Meningkatkan Listening Bahasa Inggris bagi Anda yang senang ikut kelas atau kursus bahasa Inggris


Jika Anda merasa belajar terbaik dalam ruang kelas, berikut beberapa kiat yang akan membantu Anda meningkatkan keterampilan mendengarkan Bahasa Inggris di kelas dengan cepat.

Rekam aktivitas kelas di ponsel Anda.

Jika Anda kesulitan memahami setiap kata bahasa Inggris yang diucapkan selama berada kelas, rekamlah. Kemudian Anda dapat mendengarkan kelas lagi dan mendengar kata-kata yang mungkin Anda lewatkan pada saat di kelas. Rekaman ini juga akan membantu Anda menjadi akrab dengan suara guru dan teman sekelas Anda ketika mereka berbicara.

Anda harus mendengarkan nada dan intonasi (nada dari suara, apakah tinggi atau rendah) dari kata-kata mereka. Ini akan membantu Anda mengucapkan kata-kata sulit dengan lebih jelas dan mudah . Pada akhirnya Anda akan merasa lebih mudah untuk memahami semua yang dikatakan selama kelas.

Sebagian besar ponsel pintar dilengkapi dengan perekam suara kalau tidak ada, sebaiknya anda instal dulu apps yang sesuai.

Miliki daftar kata untuk didengarkan di kelas.

Dengan menggunakan rekaman sebelumnya, tulislah daftar kata-kata yang paling sering Anda dengar di kelas. Kemudian, bawa daftar ini bersama Anda ke kelas dan dengarkan kata-kata itu. Setiap kali Anda mendengar kata di daftar Anda, tulis tanda centang, titik atau X di sebelah kata. Kata mana yang paling sering Anda dengar?

Ketika membuat daftar Anda, Anda juga dapat menambahkan kata-kata yang menurut Anda mungkin Anda dengar di kelas.

Dengarkan konteksnya, atau bagaimana kata-kata digunakan dalam kalimat. Latihan mendengarkan aktif ini akan membantu Anda memahami kapan dan mengapa kata-kata tertentu digunakan. Setelah Anda merasa nyaman dengan kata-kata yang Anda dengar sepanjang waktu, Anda dapat berfokus pada kata-kata dari daftar Anda dengan lebih sedikit tanda centang (yang jarang kita dengar).

Mintalah bantuan teman-teman sekelas Anda.

Meskipun Anda dapat belajar banyak dari guru Anda, tetapi ternyata belajar dengan teman sekelas dapat membantu meningkatkan kemampuan kita. Temukan seseorang di kelas Anda yang ingin belajar dengan Anda. Anda dapat bersama sama mendengarkan podcast , pidato, lagu atau audio lain. Kemudian, testlah satu sama lain tentang arti kata atau kalimat tertentu.

Dengan melakukan ini dengan orang lain, teman sekelas Anda mungkin akan memahami kata-kata yang tidak Anda mengerti, dan sebaliknya. Selain latihan mendengarkan, ini akan memungkinkan Anda mengenal teman-teman sekelas Anda lebih baik, yang dapat membuat Anda lebih nyaman di kelas.

Pastikan untuk bertanya kepada guru Anda tentang apa pun yang tidak Anda mengerti.



Strategi  untuk Meningkatkan Bahasa Inggris listening di kelas Private


Jika Anda merasa belajar terbaik dengan kursus bahasa inggris private dengan seorang guru atau mitra percakapan, berikut adalah beberapa kiat untuk meningkatkan kemampuan listening  Bahasa Inggris Anda.

Dengarkan intonasi suara dari guru Anda 

Selama les private berlangsung, cobalah untuk mendengarkan mitra percakapan Anda atau guru hanya untuk intonasi. Intonasi adalah suara naik atau turun atau  nada (suara tinggi / rendah) saat berbicara. Dalam bahasa Inggris, intonasi sering mengkomunikasikan emosi atau sikap pembicara.

Jika Anda dapat mendengar intonasi, ini akan mempermudah untuk mendengar perbedaan antara pernyataan atau pertanyaan. Jadi pilihlah satu hari, dan daripada hanya mendengarkan arti dari kata-kata yang digunakan oleh guru / mitra Anda, dengarkan emosi di belakang kata-kata tersebut - berdasarkan intonasi.

Anda bahkan dapat meminta guru / mitra  Anda untuk mengucapkan kalimat yang sama dengan emosi yang berbeda (marah, gembira, sedih, dll.) Sehingga Anda dapat mendengarkan perbedaannya. Anda bahkan dapat mengubah ini menjadi permainan: Tebak emosi yang digunakan oleh guru Anda berdasarkan intonasi mereka.

Dengarkan guru Anda untuk penekanan kata.

Penekanan adalah bagian penting dari pemahaman bahasa Inggris lisan. Ketika pembicara bahasa Inggris mengucapkan kata-kata, mereka tidak menempatkan kekuatan yang sama di belakang setiap suku kata. Penenkatan selalu ditempatkan pada vokal. Misalnya, Anda mengatakan "China" kedengarannya seperti "CHIII-na," bukan "chi-NAAA." Mendengarkan stres kata-kata juga akan meningkatkan bahasa Inggris lisan Anda.

Frase dan kalimat juga menekankan kata-kata. Misalnya, dalam pertanyaan “What did you say?” Penekanan terbesar adalah pada "What" dan "say." Jika Anda tahu musik, pertimbangkan dua kata ini sebagai ketukan utama dari kalimat tersebut. Kata-kata tengah "did you" akan dikatakan lebih cepat dan tidak berdetak, karena itu tidak sepenting.

Untuk berlatih mendengarkan penekanan, cobalah untuk membuat kesan tentang bagaimana guru Anda berbicara dan bersuara. Dengarkan baik-baik, pikirkan tentang penekanan dan intonasi, dan kemudian cobalah! Jika Anda tidak nyaman melakukan ini di depan guru atau mitra Anda, rekam bagian dari pelajaran Anda dan kemudian cobalah di rumah. Anda bisa menjadikan ini latihan yang sangat menyenangkan!

Lakukan percakapan dengan seseorang yang bukan pembicara bahasa Inggris asli.

Jika bisa, lakukan sesi dengan seseorang yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris (pembicara non-pribumi). Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mendengarkan perbedaan antara bagaimana penutur asli dan non-penutur asli terdengar.



Strategi untuk Meningkatkan Bahasa Inggris listening dengan Belajar Otodidak


Bagi Anda yang lebih memilih belajar bahasa Inggris sendiri, berikut adalah beberapa tips untuk menjadi lebih baik dalam mendengarkan.

Dengarkan podcast berbahasa Inggris yang sama setiap hari selama seminggu.

Temukan podcast yang menurut Anda menarik atau menghibur dan pilih satu episode. Dengarkan episode itu setiap hari selama seminggu — saat Anda mengemudi, naik bus, mencuci piring, dll. Pilih kata atau frasa yang sulit dipahami dan cari tahu di hari pertama dan kedua. Jangan lupa untuk menekan "jeda" atau untuk mendengarkan lagi.

Setelah beberapa hari, Anda harus dapat mendengarkan kata-kata ini dan memahaminya. Mungkin juga membantu menghafal bagian podcast dan berlatih mengucapkannya dengan keras. Dengarkan perbedaan antara diri Anda dan pembicara.

Pada hari terakhir, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat memahami lebih dari pada yang pertama. Saat telinga Anda menyesuaikan untuk mendengarkan episode podcast bahasa Inggris ini, akan lebih mudah untuk mendengarkan audio baru dalam bahasa Inggris.

Bergabunglah dengan grup percakapan.

Temukan sekelompok pelajar bahasa Inggris yang menyelenggarakan pertemuan. Kelompok percakapan biasanya bertemu secara teratur, tetapi itu bukan kelas. Anda tidak harus datang setiap minggu; tujuannya hanya untuk berbicara (bicara) dalam bahasa Inggris. Meetup adalah tempat yang bagus untuk mencari grup percakapan bahasa Inggris. Jika Anda tidak dapat menemukan grup di dekat Anda, mulailah sendiri!

Ini akan menjadi cara yang bagus untuk mendengarkan berbagai aksen dan suara bahasa Inggris. Jika Anda gugup untuk berbicara bahasa Inggris, ingatkan diri Anda bahwa Anda akan mendengarkan — dan ini benar-benar tidak apa-apa. Anda bahkan dapat memberi tahu pembicara lain ini jika Anda mau, jika Anda pikir akan aneh untuk duduk dengan tenang. Anda bisa mengatakan sesuatu seperti:

Hi, I’m Rebecca. I’m going to focus on listening tonight, so I might not say very much!

Setelah Anda mengatakannya, Anda dapat berkonsentrasi (fokus) untuk mendengarkan! Dan selain latihan mendengar dan berbicara, bergabung dengan grup percakapan juga bisa menjadi cara yang fantastis untuk mendapatkan teman baru.

Jadi, apakah Anda belajar terbaik di kelas, satu-satu dengan seorang guru atau sendirian di rumah, berlatih listening dengan cara yang terbaik untuk Anda. Tips ini akan membantu Anda meningkat lebih cepat dari sebelumnya. Semoga berhasil!

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall