Monday, December 10, 2018

Cara Asik Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Secara pribadi saya selalu merasa kalau belajar listening bahasa inggris yang paling sulit, apakah kalian merasakan hal yang sama? Dalam post kali ini kita akan belajar kunci untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa inggris untuk pemula yang saya sendiri gunakan untuk meningkatkan kemampuan listening saya.

Salah satu alasan saya merasa sulit pada saat listening bahasa inggris adalah karena saya tidak tahu bagaimana cara melatihnya. Apakah saya harus membaca sambil mendengarkan atau hanya mendengarkan saja? Lah kalau cuman mendengarkan saja bagaimana saya tahu kalau saya sudah benar mendengarnya. Saya juga merasa bingung apa yang harus didengarkan dan apakah pada saat mendengarkan saya harus sambil berupaya menerjemahkan setiap katanya?

Saya melakukan banyak percobaan dan banyak yang gagal. Dulu saya merasa bahasa inggris saya cukup lumayan tetapi pada saat mendengarkan orang asing bicara, wow mereka berbicara cukup cepat dan tidak ada satu katapun yang saya mengerti.



Akhirya setelah melakukan banyak percobaan dan mulai bisa listening bahasa inggris, saya menemukan satu hal yang penting yaitu : Untuk meningkatkan belajar listening bahasa inggris kita harus benar - benar mendengarkan. Kita harus mendengarkan dengan fokus dan perhatian penuh, dan apabila kita tidak mengerti apa yang kita tidak dengar maka kita harus cari tahu artinya, kalau hanya mendengarkan saja dan tidak secara aktif mencari tahu artinya maka hal ini sulit untuk berhasil.

Jadi kalau ingin hasil yang bagus kita harus mendengarkan secara aktif dan bukan secara pasif.


Metode Belajar listening Bahasa Inggris secara pasif vs aktif, apakah Bedanya?

Belajar listening Bahasa Inggris secara pasif

Pasif listening adalah pada saat kita mendengarkan bahasa inggris tapi tanpa perhatian penuh. Contohnya pada saat kita mendengarkan radio atau musik sambil bekerja atau mengerjakan tugas, lalu radio tersebut memutarkan lagu berhasa inggris dan kita sama sekali tidak memperhatikan liriknya.

Kenapa pasif listening tidak efektif? Karena pada dasarnya kita tidak benar - benar mendengarkan, kita sedang mengerjakan hal lain, mungkin lagi kerja, mengantuk ataupun lagi melamun. Apabila seperti ini tidak mungkin kan tiba - tiba kita jadi mengerti apa yang lirik musik itu katakan.

Coba pikirkan, bahkan pada saat radio tersebut dalam bahasa Indonesia tapi kita akan sulit untuk mengingatnya dan mengerti kecuali kita memang memperhatikan. Apalagi kalau lagu tersebut dalam bahasa Inggris

Banyak dari kita yang berharap kalau cara ini akan berhasil, jadi seperti otomatis belajar di bawah sadar. Memang idenya bagus hehehe tapi hanya kurang efektif saja.. Mungkin kita mengerti sedikit atau hanya potongan - potongan kata dari lagu yang kita dengarkan.

Kenapa kita harus belajar listening bahasa inggris secara aktif?

Otak kita memerlukan perhatian pada suatu hal agar dapat mengingatnya.

Dengan memberikan perhatian yang cukup serta mengulangnya beberapa kali, kalian memberikan pesan kepada otak bahwa hal ini penting dan otak perlu mengingatnya. Hal ini termasuk pada saat kita belajar kosa kata da juga bagian penting lain dalam listening misalnya suara, pengucapan, aksen dan intonasi. Kalian perlu memperhatikannya. Karena alasan inilah kita perlu belajar listening dengan aktif dan bukan pasif.

Alasan lainnya kita perlu berlatih listening dengan aktid adalah agar kita terbiasa untuk mendengar perbedaan bahagaimana suatu kata seharusnya diucapkan karena terkadang terdengar berbeda dengan seharusnya. Contoh orang menggunakan bahasa Inggris yang seharusnya 'what's up?' sering terdengar seperti 'wassup?' atau 'how's it going?' sering terdengar 'howsagoin?' . Terkadang memang mereka sengaja mengucapkan seperti itu dan kita perlu mengerti arti sebenarnya.


5 Langkah Praktis Belajar Listening untuk Pemula

Langkah 1. Dengarkan Audio tanpa perlu membaca
Misalkan Anda mendengarkan lagu tanpa memperhatikan liriknya dahulu, dengarkan dengan seksama kata - kata yang diucapkan oleh penyanyinya. Tujuannya adalah kita mencoba fokus hanya dari pendengaran kita dan sejauh mana kita dapat memahaminya.

Tentu saja pada awalnya kita akan merasa kseulitan, Anda tidak perlu mengerti setiap kata yang diucapkan, tetapi cobalah untuk fokus pada apa arti dari kata - kata tersebut.

Dari percobaan tersebut apakah ada kata atau kalimat yang Anda ingat? Nah sekarang cobalah untuk dicatat kata apa yang Anda dengar. Terserah akata apapun tidak usah kuatir gagal atau apapun, lakukanlah sebisanya, beberapa kali percobaan Anda pasti akan bisa.

Langkah 2. Ulangi
Iya kita ulangi lagi yah langkah di atas, jangan melihat teks atau lirik aslinya dulu. Banyak pembelajar yang melakukan kesalahan dengan langsung melihat tesknya. Karena saat ini kita sedang melatih pendengaran maka untuk saat ini kita fokuskan saja dahulu pada pendengaran.

Pada saat pertama kali mendengarkan, kalian mungkin mendapatkan satu atau dua kata atau makna. Pada saat kita mengulangin audio tersbut dengarkan dengan baik lagi dan coba apakah ada kata atau kalimat lain yang mungkin terlewatkan. Pada percobaan kedua ini ada kemungkinan kalian akan mendapatkan lebih banyak kata dan kalimat, coba tulisan kata atau kalimat apakah itu.

Pada tahap ini kalian dapat mengulang setidaknya 3 kali, Dengarkan dengan baik dan cobalah juga untuk memahami maknanya. Gunakan pengetahuan yang kalian miliki dulu sebelum kita membaca teksnya. Pada saat kalian sudah tidak menemukan kata lain lagi yang kalian mengerti barulah kita melangkah ke step selanjutnya.

Langkah 3. Bacalah
Pada langkah ini bacalah teksnya atau lirik aslinya. Bacalah semua dan sebanyak apakah kalian mengerti dari listening tadi, apakah maknanya sudah tepat?

Sambil membaca teksnya cobalah untuk mencari apakah ada kata yang belum tertulis. Dan cobalah untuk memahami maknanya, apabila ada kata yang membuat Anda bingung maka carilah kamus, apabila ada kata - kata yang sekirangnya penting dan sering dipakai dalam percakapan maka kata tersebut dapat Anda catat, lumayan untuk menambah kosa kata.

Mungkin kalian akan menemukan banyak kata yang belum pernah kalian lihat, dan juga ada kata yang serng kalian lihat tapi tidak tahu apa artinya. Terkadang kata tersebut terdengar berbeda pada saat native speaker ucapkan, mungkin karena terkadang mereka berbicara terlalu cepat bagi kita. Sekarang coba kita perhatikan lagi pada kata ini dah coba kita ulangi lagi audionya.

Langkah 4. Dengarkan sambil membaca teksnya
Setelah selsai membacar teksnya beberapa kali dan sudah mencari di kamus kata - kata yang tidak dimengerti, nah sekarang kalian seharusnya sudah mengerti makna dari audio atau lirik lagu tersebut. Sekarang saatnya lakukan listening lagi beberapa kali sambil membaca teksnya.

Pada langkah ini kalian menggunakan kemampuan pendengaran dan juga pengilhatan secara bersamaan, jadi manfaatkanlah. Cobalah dengarkan setiap kata dan juga kalimat yang tertulis dan jangan lupa perhatikan pengucapannya.

Tips. apabila terlalu banyak kata baru di dalam teks yang kalian pelajari, coabalah untuk memecah audio tersebut menjadi pendek - pendek dan ulangilah dari bagian yang pedek tersebut satu per satu. Cara ini lebih mudah dan efektif.

Setidaknya ulangilah langkah ini dua kali jadi kita semakin hafal antara yang tertulis dan yang diucapkan di audio.

Langkah 5. Dengarkan lagi audio tanpa teks
Akhirnya apada langkah ini dengarkan kembali audio atau lagu tersebut beberapa kali tanpa teks. Pada saat ini kalian pasti sudah dapat mengerti hampir semua audio tersebut dengan baik tanpa bantuan teks.

Dalam beberapa hari ke depan ada baiknya kalian mengulang terus menerus hal ini pada saat santey. Bisa kalian rekam di handphone sehingga pada saat senggang dapat didengarkan kembali. Dengan pengulangan ini kalian akan semakin merasa percaya diri.

Kesimpulannya
Tidak ada jalan pintas untuk belajar listening bahasa Inggris untuk pemula, tetapi kalian dapat membuat latihan ini menjadi menyenangkan. Pilihkan lagu kesukaan kalian, masukan ke dalam handphone dan jangan lupa untuk mencatat atau screen shot teks aslinya juga terjemahannya untuk kata - kata yang kalian tidak mengerti. Kalian dapat belajar listening sambil menikmati lagu tersebut. Kalau sudah bosan, tinggal ganti lagu yang baru. Dalam waktu singkat pasti kalian sudah jago deh listeningnya. Selamat belajar :)

Untuk yang membutuhkan bimbingan dan les bahasa Inggris yang bagus untuk di daerah Bandung saya membuat bahasannya di sini...

Tag: belajar, listening, Bahasa Inggris, untuk, pemula, metode, video

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall