Monday, December 17, 2018

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Efektif

Jika Anda ingin fasih berbahasa Inggris, pilihan Anda sudah tepat. Ini adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia . Jadi Anda tidak perlu merasa sulit untuk menemukan banyak sumber pelajaran bahasa Inggris dan banyak peluang untuk berlatih bahasa Inggris baik lisan dan tulisan.

Bagaimana jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif ? Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti sehingga Anda tidak membuang waktu belajar Anda yang berharga atau kehilangan minat belajar.

Ayo kita mulai! Berikut adalah 9 langkah saya untuk cara belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Langkah 1: Temukan Alasan HEBAT untuk Belajar Bahasa Inggris

Apakah Anda terkejut bahwa langkah pertama bukan tentang bagaimana mempelajari kata-kata bahasa Inggris atau tata bahasa? Menemukan Alasan Besar Anda jauh lebih penting daripada mengetahui kata-kata mana yang harus dipelajari atau metode pembelajaran terbaik untuk bahasa Inggris.

Sebelum “apa” atau “bagaimana”, mulailah dengan “mengapa” . Ambilah pena sekarang, atau buka dokumen teks di komputer Anda, dan tuliskan mengapa Anda ingin fasih berbahasa Inggris.

Jangan menulis alasan hanya karena kedengarannya keren. Pikirkan betul mengapa belajar bahasa Inggris penting bagi Anda . Anda tidak harus menunjukkannya kepada siapa pun. Pastikan saja alasan Anda cukup besar untuk memotivasi Anda sepanjang Anda melalukan misi belajar bahasa Inggris. Semakin Anda termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, semakin mudah pula untuk belajar bahasa Inggris .

Apabila dalam mengikuti delapan langkah tersisa dalam artikel ini, dan Anda merasa kehilangan minat belajar bahasa Inggris, kembalilah ke langkah ini dan ingatkan diri Anda mengapa belajar bahasa Inggris adalah ide yang bagus.

Langkah 2: Tentukan Apa yang Ingin Anda Lakukan dalam Bahasa Inggris - Dan Kapan Anda Ingin Melakukannya

Saya telah mempelajari banyak bahasa dalam tahun - tahun terakhir. Saya telah belajar bahwa saya membuat kemajuan yang jauh lebih cepat ketika saya memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran daripada yang saya lakukan ketika saya hanya belajar tanpa tujuan.

Pada langkah ini, ambil kertas yang sama dengan yang Anda gunakan pada langkah pertama. Tuliskan persis apa yang ingin Anda capai, dan kapan. Jika Anda membaca artikel ini, maka Anda mungkin ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat. Dalam hal ini, tujuan Anda harus ambisius. Bahkan jika Anda tidak terburu-buru untuk menjadi fasih, buat tujuan Anda jelas dan spesifik . Berikut adalah beberapa contoh sasaran buruk (tidak jelas) dan baik (jelas dan spesifik):

Goal yang Buruk:
- Saya ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar
- Saya ingin kuliah di negara lain
- Dapatkan pacar / pacar yang berbahasa Inggris

Goal yang baik
- Dalam 8 bulan, saya ingin dapat membaca dan memahami artikel apa pun di New York Times.
- Dalam 6 bulan, saya ingin mencetak setidaknya 6,0 pada ujian Bahasa Inggris IELTS sehingga saya dapat mendaftar dan diterima di program pertukaran di Universitas Harvard.
- Dalam 3 bulan, saya ingin dapat berbicara dengan penutur bahasa Inggris dalam situasi sosial tentang topik sehari-hari seperti olahraga, musik, film, perjalanan, dan makanan.

Perhatikan bagaimana sasaran yang buruk tidak memiliki batas waktu. Kapan Anda ingin menyelesaikan tujuan Anda? Ini penting. Jika Anda memiliki batas waktu, maka Anda dapat mengevaluasi kemajuan Anda selama studi dan mencari tahu apakah Anda perlu mengubah rutinitas Anda untuk memenuhi tujuan Anda. Setiap tujuan yang baik memiliki tenggat waktu yang sangat jelas.

Sasaran yang buruk juga tidak termasuk ukuran keberhasilan yang jelas. Apa yang Anda maksud dengan "lancar"? Universitas mana yang ingin Anda hadiri dan apa saja persyaratan bahasa Inggris di sana? Jika Anda ingin teman Inggris atau pasangan romantis, apa yang ingin Anda bicarakan dengan mereka?

Sebelum Anda melanjutkan ke langkah 3, tuliskan tujuan yang jelas dan jelas yang ingin Anda capai dalam bahasa Inggris.



Langkah 3: Temukan Sumber Bahan Bahasa Inggris yang hanya Sedikit Menantang (jangan terlalu sulit)

Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, langkah ini adalah kuncinya.
, maka jangan mencoba membaca New York Times! Itu hanya akan membuat Anda kecil hati. Sebagai gantinya, lihatlah sumber daya seperti VOA Special English News di mana Anda dapat mendengarkan cerita berita dalam bahasa Inggris yang jelas dan lambat. (Silahkan googling koran New york times dan VOA Special English News)

Pastikan sumber belajar Anda juga tidak mudah . Jika Anda seorang penutur bahasa Inggris menengah, membaca buku cerita anak-anak atau Wikipedia dalam bahasa Inggris Sederhana mungkin membuat Anda merasa percaya diri jika Anda mengerti setiap kata. Namun faktanya, Anda hanya membuang-buang waktu. Apakah Anda benar-benar belajar bahasa Inggris jika Anda hanya melihat kata-kata yang sudah Anda ketahui?

Sumber bacaan bahasa Inggris yang sempurna akan cukup mudah sehingga Anda dapat memahami ide-ide dasar tanpa mencari kata-kata dalam kamus, tetapi cukup sulit sehingga Anda harus mencari beberapa kata jika Anda ingin memahami semuanya secara terperinci.

Cobalah sebanyak mungkin sumber bahan bahasa Inggris yang berbeda. Buang yang terlalu mudah dan simpan yang terlalu sulit untuk nanti, dan terus gunakan yang tepat untuk level Anda.

Langkah 4: Temukan Sumber Bahan Bahasa Inggris yang Sesuai dengan Tujuan Anda

Pastikan semua yang Anda lakukan dalam studi bahasa Inggris membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda.

Jika tujuan Anda adalah berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris tentang film, maka tontonlah film berbahasa Inggris . Jika Anda ingin lulus ujian bahasa Inggris sehingga Anda dapat belajar di luar negeri, dapatkan tutor yang memenuhi syarat untuk mempersiapkan Anda untuk ujian itu. Jika Anda hanya ingin belajar bagaimana melakukan percakapan santai dalam bahasa Inggris, maka pergilah ke pertemuan kursus bahasa inggris dan ambilah kursus yang dititikberatkan pada percakapan. Anda dapat mengobrol tentang topik sehari-hari.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki tujuan yang baik dan jelas. Jika Anda tidak yakin di mana Anda ingin berada dalam tiga bulan, enam bulan atau tahun depan, maka Anda tidak akan tahu di mana harus mulai mencari materi latihan yang baik.

Langkah 5: Pelajari Kosa Kata Bahasa Inggris Baru - Yang banyak yah

Saya sudah bertemu terlalu banyak pelajar bahasa Inggris yang berusaha keras untuk menyempurnakan aksen dan tata bahasa mereka. Mereka sudah berusaha terdengar seperti pedagang saham Wall St. atau BBC Inggris, sebelum mereka cukup tahu kosa kata untuk berbicara tentang mata pelajaran ini.

Ini sebuah kesalahan. Bahasa Inggris Anda akan membawa Anda lebih jauh jika Anda memiliki kosakata yang luas daripada jika Anda berbicara dengan aksen yang sempurna tetapi tidak tahu banyak kosa kata. Sebagian besar penutur bahasa Inggris di dunia berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Hampir semuanya berbicara dengan aksen asing. Jadi sebenarnya penutur asli bahasa Inggris sudah terbiasa mendengarkan aksen asing, dan mereka tidak keberatan sama sekali.

Tata bahasa yang sempurna juga tidak sepenting kosa kata pada awalnya. Banyak penutur asli bahasa Inggris belum menguasai tata bahasa Inggris, dan mereka mengerti maksud dari semua kata dan kalimat. Anda masih bisa fasih berbahasa Inggris dan membuat kesalahan tata bahasa. Tetapi Anda tidak bisa lancar jika Anda hanya tahu beberapa kata.

Apa yang bisa Anda katakan membuat dampak yang lebih besar daripada seberapa sempurna Anda mengatakannya. Bahkan presiden Uni Eropa berbicara bahasa Inggris dengan aksen asing! Jadi jangan khawatir tentang itu. Anda masih bisa melangkah sangat jauh dalam kehidupan bahkan jika Anda tidak terdengar seperti penutur asli bahasa Inggris.



6. Bicaralah! Berbicara! Berbicara! Berbicaralah dalam bahasa Inggris!

Praktik mendengarkan, membaca, atau menulis dalam jumlah apa pun akan menjadikan Anda penutur bahasa Inggris yang baik. Jika Anda ingin berbicara bahasa Inggris, Anda perlu berlatih berbicara.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan mengambil les bahasa Inggris dengan guru yang memang fasih yah.

Tidak ada pengganti untuk latihan berbicara. Lakukan sesering mungkin.

7. Latihlah Bahasa Inggris Anda Setiap Hari

Latihan harian penting karena beberapa alasan.

Itu membuat Anda tetap termotivasi
Jika Anda melakukan sesuatu setiap hari, itu akan menjadi kebiasaan. Setelah Anda membuat kebiasaan, Anda akan termotivasi untuk melanjutkannya.

Menghemat waktu
Ketika Anda hanya belajar sekali atau dua kali seminggu, Anda lupa banyak hal baru yang Anda pelajari di sesi studi sebelumnya. Jadi, Anda harus membuang banyak waktu belajar Anda yang berharga untuk meninjau hal-hal yang sudah Anda pelajari. Jika Anda belajar setiap hari, materi yang Anda pelajari sehari sebelumnya masih segar di pikiran Anda, yang berarti Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengulang kembali.

Anda dapat libur satu hari
Jika Anda memutuskan untuk belajar sebentar setiap hari, maka itu bukan masalah besar jika Anda harus melewatkan satu hari belajar karena alasan tertentu. Tetapi jika Anda belajar untuk waktu yang lama sekali atau dua kali seminggu, maka melewatkan satu hari berarti kehilangan lebih banyak waktu belajar.

Cobalah untuk mempraktikkan keempat keterampilan setiap hari: membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan keempatnya, maka saya sarankan setidaknya berbicara dan mendengarkan.

8. Luangkan Waktu untuk Aktif Belajar Bahasa Inggris
Membaca secara online dalam bahasa Inggris, menonton TV berbahasa Inggris, dan melakukan percakapan bahasa Inggris semuanya akan membantu Anda menyerap apa yang telah Anda pelajari. Tetapi Anda masih perlu menyisihkan waktu belajar aktif setiap hari.

9. Buat Kesalahan! Dan coba lagi
Kegagalan adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa. Kesalahan sebenarnya adalah cara yang sangat mudah untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda.

Jika Anda seperti saya, Anda mungkin diajari bahwa membuat kesalahan itu buruk. Itu mungkin benar jika Anda seorang insinyur, tetapi tidak jika Anda sedang belajar bahasa Inggris. Anda tidak akan pernah bisa berbahasa Inggris dengan lancar jika Anda terlalu takut untuk membuat kesalahan saat Anda belajar. Semakin banyak kesalahan yang Anda buat, semakin cepat Anda dikoreksi, sehingga Anda akan belajar lebih cepat.

Jangan khawatir terlihat bodoh ketika berbicara dengan penutur asli Bahasa Inggris. Sebagian besar penutur bahasa Inggris tidak berbicara bahasa lain. Jadi mereka sangat terkesan ketika orang kita berkomunikasi dengan mereka dalam bahasa Inggris, bahkan jika kita membuat kesalahan. Jika Anda berusaha keras, penutur bahasa Inggris akan dengan senang hati membantu dan mendorong Anda. Cobalah dan lihat hasilnya!

Di atas segalanya, jangan menyerah

Saya tahu Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan lancar. Bagaimana saya bisa tahu? Karena jutaan dan jutaan orang di seluruh dunia telah membuktikan bahwa itu dapat dilakukan. Semakin banyak Anda berlatih, membuat kesalahan, dan berbicara, semakin cepat Anda fasih berbahasa Inggris. Jadi mengapa tidak memulai hari ini?

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall