Tuesday, December 18, 2018

Lancar Berbicara Bahasa Inggris: 10 Tip Sederhana

Apakah Anda ingin belajar cara berbicara bahasa Inggris dengan baik?

Apakah Anda juga mencari jalan pintas ke Bahasa Inggris yang fasih?

Kami tidak memiliki trik yang akan memberi Anda bahasa Inggris yang sempurna dalam lima menit sehari.

Tetapi kami memiliki tip yang solid yang akan membantu Anda belajar cara berbicara bahasa Inggris lebih lancar, dalam waktu yang lebih singkat.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik dari sebelumnya.

Cara Berbicara Bahasa Inggris dengan Baik: 10 Tips Sederhana agar Bahasa Inggris Anda fasih luar biasa

1. Terima Bahwa Bahasa Inggris Adalah Bahasa yang Aneh
Terkadang Anda dapat menemukan pola dalam tata bahasa Inggris, tetapi di lain waktu bahasa Inggris tidak masuk akal sama sekali. Misalnya, mengapa "read” (reed) dan “read” (red) kata yang sama, tetapi diucapkan berbeda tergantung pada apakah Anda berbicara di masa lalu atau present tense? Atau mengapa “mice”  jamak dari "mouse", tetapi “houses” adalah jamak dari “house”?

Sayangnya, ada banyak pengecualian seperti aturan dalam bahasa Inggris. Sangat mudah untuk terjebak dalam mempelajari cara berbicara bahasa Inggris dengan benar, jika Anda mencoba menemukan alasan untuk semuanya. Terkadang bahasa Inggris itu aneh dan tidak bisa dijelaskan, jadi alih-alih hal terbaik untuk dilakukan hanyalah menghafal pengecualian aneh dan lanjutkan belajar.


2. Jadikan bagian dalam hidup Anda
Belajar bahasa Inggris selama satu jam seminggu sekali biasanya tidak cukup untuk membuat kemajuan nyata. Cara terbaik untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda dengan cepat adalah menghabiskan setidaknya beberapa menit berlatih setiap hari.

Benamkan diri Anda sebanyak mungkin setiap kali Anda belajar, dan tantang diri Anda untuk mendengarkan, membaca, dan bahkan mengatakan hal-hal dalam bahasa Inggris yang menurut Anda mungkin terlalu sulit bagi Anda. Jika Anda ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar, Anda harus menjadikannya bagian penting dari kehidupan sehari-hari Anda.



3. Ubahlah Mindset Anda
Ini adalah sikap yang benar yang dapat membuat perbedaan antara kegagalan dan kesuksesan. Berhentilah berpikir kalau Anda adalah seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris, dan mulai menganggap diri Anda sebagai seseorang yang memang berbicara bahasa Inggris. Ini adalah perubahan kecil, tetapi itu akan membuat Anda merasa lebih percaya diri dan membantu Anda menggunakan bahasa Inggris yang sudah Anda kenal dengan lebih efektif.

Ini juga berarti Anda harus mulai berpikir dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin mengucapkan kata "apple" dalam bahasa Inggris, misalnya, saat ini Anda mungkin memikirkan kata itu dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, dan kemudian kita coba terjemahkan dalam Bahasa Inggris. Nah mulai sekarang coba bayangkan gambar apel, dan kemudian pikirkan saja kata Inggris "apple". Anda akan menjadi fasih ketika Anda berhenti menerjemahkan percakapan secara di dalam pikiran Anda.

4. Ingat Jawabannya Ada di Pertanyaan
Dengarkan dengan cermat ketika seseorang mengajukan pertanyaan kepada Anda dalam bahasa Inggris dan Anda akan menjawab dengan sempurna setiap saat. Pertanyaan bahasa Inggris seperti cermin:

- Does he…..? Yes, he does.

- Can she….? Yes, she can.

- Is it….? Yes, it is.

Jika seseorang mengajukan pertanyaan kepada Anda dan Anda tidak yakin bagaimana menjawabnya, mulailah dengan mengingat kata yang digunakan orang tersebut kepada Anda. Orang tersebut telah mengatakan sebagian besar kata-kata yang Anda butuhkan untuk menjawab. 

Daripada hanya menghafal tata bahasa Inggris, mulailah mencari pola seperti ini. Ada banyak cara sederhana untuk melakukannya dan membuatnya lebih mudah untuk mengingat kata-kata yang tepat.

5. Perbanyaklah latihan Listening
Ketika sebagian besar siswa mendengarkan penutur bahasa Inggris asli, mereka fokus pada memahami apa arti semua kata. Ini jelas penting, tetapi ada banyak lagi yang bisa Anda pelajari dari mendengarkan. 

Cobalah mendengarkan bukan hanya apa arti kata-kata itu, tetapi juga bagaimana orang itu mengatakannya. Perhatikan kata-kata mana yang dihubungkan orang itu dalam sebuah kalimat, atau ketika mereka mengatakan "ya" alih-alih "you." Cobalah untuk mengingat detail ini saat berikutnya Anda berbicara dan bahasa Inggris Anda akan mulai terdengar lebih alami.

Memang hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan? Saat Anda mendengarkan penutur asli Bahasa Inggris, akan sulit untuk memahami setiap kata yang diucapkan. Mereka mungkin menggunakan banyak kata yang tidak Anda ketahui, berbicara terlalu cepat atau memiliki aksen yang kuat. Tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa dan mulai memahami semuanya.

6. Gunakanlah sesering mungkin
Ada ungkapan dalam bahasa Inggris: "Use It or Lose It," yang pada dasarnya berarti jika Anda tidak mempraktikkan kemampuan, Anda mungkin melupakannya. 

Ide ini dapat digunakan untuk membantu Anda mengingat kosa kata bahasa Inggris baru. Cara terbaik untuk mengingat kata baru adalah menggunakannya segera sehingga kata itu akan tersimpan di memori Anda. Ketika Anda mempelajari kata baru, cobalah mengucapkannya dalam kalimat beberapa kali selama minggu berikutnya dan Anda tidak akan pernah melupakannya.

7. Pelajarilah Frasa
Berbahasa Inggris dengan lancar berarti mampu mengekspresikan pikiran, perasaan, dan ide Anda. Tujuan Anda adalah berbicara bahasa Inggris dalam kalimat penuh, jadi mengapa tidak mempelajarinya dalam kalimat penuh? 

Anda akan menemukan bahwa bahasa Inggris lebih berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda jika Anda mempelajari seluruh frasa, bukan hanya kosakata dan kata kerja. Mulailah dengan memikirkan frasa yang sering Anda gunakan dalam bahasa Indonesia, dan kemudian pelajari cara mengucapkannya dalam bahasa Inggris.

8. Jangan Terlalu Banyak Belajar Tata Bahasa
Kunci untuk belajar bahasa adalah menemukan keseimbangan antara belajar dan praktek. Berbicara bahasa Inggris dengan lancar tidak sama dengan mengetahui tata bahasa Inggris yang sempurna - bahkan penutur asli bahasa Inggris membuat kesalahan tata bahasa! 

Kefasihan adalah kemampuan berkomunikasi. Itulah sebabnya kadang-kadang penting untuk menyingkirkan buku teks tata bahasa, sehingga Anda bisa keluar dan melatih keterampilan menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara di dunia nyata.

9. Jangan Takut Melakukan Kesalahan
Terkadang sulit untuk menyatukan semua aturan dan kata-kata itu menjadi kalimat sederhana. Jangan biarkan rasa takut mengatakan sesuatu yang salah menghentikan Anda dari berbicara sama sekali. Bahkan jika Anda berpikir Anda melakukan kesalahan, tetaplah berbicara. Biasanya, orang akan mengerti apa yang Anda coba katakan, bahkan jika Anda membuat kesalahan. Plus, semakin banyak Anda berbicara, semakin mudah, dan semakin cepat kata-kata yang tepat muncul di benak Anda.

10. Belajar dari Semua Orang
Anda tidak perlu hanya belajar bahasa Inggris dari buku pelajaran dan guru sekolah. Anggaplah siapa pun yang berbicara bahasa Inggris dapat membantu Anda berlatih. Sekarang sudah mulai banyak tempat kursus Bahasa Inggris yang banyak mengajarkan praktek. 

Bayangkan bagaimana perasaan Anda jika orang asing bertanya kepada Anda, dalam bahasa Indonesia, bagaimana cara mengucapkan sesuatu dengan tidak jelas? Apakah kamu akan marah? Tidak! Anda mungkin senang membantu, sama seperti kebanyakan penutur bahasa Inggris senang membantu Anda. Jika Anda mengenal penutur bahasa Inggris, apakah itu teman atau rekan kerja, manfaatkan kesempatan untuk berlatih dan belajar dari mereka.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall