Thursday, December 13, 2018

Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak : 10 Hal yang Harus Diperhatikan

Bahasa Inggris sekarang menjadi tolok ukur di seluruh dunia untuk semua percakapan. Mulai dari kebutuhan pribadi hingga profesional, memiliki kemampuan berbicara, menulis, dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris selalu dihargai. Orang tua sering bertanya-tanya bagaimana cara mengajar bahasa Inggris kepada anak di rumah dan bagaimana metode untuk mencapainya.

10 Tips Mengajar Bahasa Inggris ke Anak Kecil

Dengan tips dan teknik sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengajar anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris dan mempersiapkannya sejak usia dini.

1. Jadikan Pengalaman yang sehari - hari
Anak-anak memahami hal-hal dengan cepat begitu mereka berada di lingkungan yang sepenuhnya mendukung proses belajar mereka. Biarkan suasana menjadi produktif sehingga mereka mulai memahami nuansa bahasa dari mana-mana. Ini bisa dari percakapan di antara Anda sendiri atau di telepon, menonton media yang berbahasa Inggris di dalamnya, dan sebagainya.

2. Mengajar Bahasa Inggris Dapat Melalui Musik
Kebanyakan orang tua menggunakan metode pengajaran bahasa Inggris secara langsung. Tetapi untuk anak kecil, ini bisa membosankan. Sebagai gantinya, Anda dapat mulai menggunakan lagu, puisi, atau bahkan musik terkini yang memiliki lirik bahasa Inggris di dalamnya.

Ini bisa menjadi sajak sederhana bahkan untuk lagu-lagu populer. Dengan mendengarkan kata-kata dan irama percakapan, anak-anak dapat lebih mengenal bagaimana bahasa itu terdengar dan apa artinya, dan mereka dapat mulai belajar lebih mendalam lagi

3. Berbicaralah dalam Bahasa Inggris Di Rumah
Anak-anak kecil tidak akan dapat dengan cepat membuat dan menyusun kalimat  dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, mereka perlu belajar untuk mengkomunikasikan apa yang sudah mereka pelajari dalam bahasa Inggris.

Bicaralah dengan mereka tentang kegiatan sehari-hari dan hal-hal yang biasanya Anda bicarakan dalam bahasa Inggris. Mulai dari bertanya kepada mereka apakah mereka menyikat gigi mereka sampai mengajar mereka bagaimana cara mengajukan pertanyaan ketika mereka ingin menanyakan sesuatu kepada Anda.

Misalnya, jika mereka menginginkan susu, daripada mengatakan "Saya ingin susu" dalam bahasa ibu Anda, dorong mereka untuk membuat permintaan yang tepat seperti “I would like some milk from the refrigerator.”



4. Jadikan Bahasa Inggris Menyenangkan Dengan Mengubahnya Menjadi Permainan
Membaca buku atau berbicara dalam bahasa Inggris bukan satu-satunya cara untuk belajar bahasa. Melakukan permainan dan aktivitas yang menyenangkan yang memahami makna bahasa membantu anak-anak memahami lebih dalam.

Game seperti Pictionary membantu mereka mengekspresikan ide mereka dalam gambar sambil mencoba cara terbaik gambar dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Kata-kata bodoh fokus pada ekspresi, gerakan tangan, dan bahasa tubuh, membuat mereka lebih baik dalam menyampaikan apa yang ingin mereka katakan melalui isyarat non-verbal. Hangman akan membantu mereka memahami cara menghilangkan huruf yang tidak diinginkan dan memahami pembentukan kata-kata dan pengucapan dengan cara yang menyenangkan.

5. Belajar itu Menyenangkan Ketika Diceritakan Melalui Cerita
Anak-anak memiliki imajinasi yang sangat jelas dan visual. Menggunakan itu untuk keuntungan mereka saat mengajar bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk membuat mereka belajar. Gunakan buku cerita bergambar untuk membantu mereka memahami bagaimana kata-kata membantu memvisualisasikan lingkungan, karakter, dan pengaturan.

Ceritakan kepada mereka kisah dan gunakan kata-kata yang berbeda untuk membantu mereka memahami bagaimana hal itu mengubah persepsi mereka tentang itu. Misalnya, bantu mereka memvisualisasikan bagaimana river berbeda dari stream, a creek, or a brook. Menggunakan visual dan suara membantu mereka mengekspresikan pikiran mereka dengan lebih baik.

6. Tata Bahasa Dapat Dimudahkan Dengan Pengulangan
Mengajar tata bahasa untuk anak-anak bisa menjadi tugas yang cukup sulit. Pengajaran tata bahasa Inggris kepada anak-anak biasanya dilakukan setelah anak memasuki kelas tertentu di sekolah. Jumlah aturan dan format struktur kalimat dapat  membingungkan.

Cara terbaik untuk memperkenalkan mereka ke dunia tata bahasa adalah dengan tetap menggunakan tata bahasa yang tepat dalam percakapan umum. Saat mereka menggunakan tata bahasa yang salah, biarkan mereka mendengar kalimat dengan tata bahasa yang benar dan biarkan mereka mengerti yang mana yang terdengar lebih baik dan benar untuk diucapkan. Dengan pengulangan yang cukup dalam penggunaan sehari-hari, anak-anak dapat mulai memahami cara yang benar untuk membuat kalimat.

7. Campurkan Game yang Mereka Suka dengan Sedikit Bahasa Inggris
Tidak semua anak mau belajar bahasa Inggris seperti yang Anda inginkan. Karena itu, yang terbaik adalah mengintegrasikan bahasa ke dalam kegiatan yang sudah mereka nikmati. Jika anak Anda suka bermain Jenga, Anda bisa mengubah permainan dengan menulis pertanyaan di blok Jenga dan anak Anda harus menjawab pertanyaan sebelum putaran dilanjutkan.

Jika mereka menikmati teka-teki dan teka-teki, Anda bisa membumbui petunjuk dengan kalimat kosong, atau frasa dan puisi bahasa Inggris, yang perlu mereka ingat dan selesaikan untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.



8. Ekspresi Kreatif adalah Cara Terbaik untuk Mengukur Kemajuan
Untuk memastikan bahwa belajar bahasa Inggris adalah proses yang berkelanjutan, sangat penting untuk mengetahui di mana anak Anda berdiri dan apakah Anda dapat mengambil pembelajaran sedikit lebih tinggi. Pilih satu hari dan waktu, dan minta anak Anda untuk membuat cerita atau puisi mereka sendiri, atau berbicara tentang sesuatu yang menarik yang terjadi dalam seminggu. Bantu mereka menuliskannya, meskipun memiliki banyak kesalahan tata bahasa dan ejaan. Biarkan mereka mengekspresikannya dalam langkah-langkah dan kemudian memperbaikinya secara bertahap.

9. Mempelajari Bahasa Dapat Menjadi Latihan Fisik Juga
Semua orang tahu permainan 'Simon Says' dengan sangat baik. Tidak hanya tes bahasa, tetapi juga tes seberapa cepat Anda dapat memproses instruksi. Minta anak Anda untuk mengumpulkan teman-teman mereka dan bermain besama Simon Says. Umumkan hadiah kecil untuk anak yang memenangkan putaran.

10. Tidak ada yang lebih baik daripada Belajar Bahasa Inggris Dengan Menonton Film
Belajar harus selalu menghibur. Dan anak-anak dapat dengan cepat pindah ke zona kebosanan dan menemukan sesuatu yang lain, untuk menjaga perhatian mereka perlihatkan kepada mereka film berbahasa Inggris yang sesuai dan biarkan mereka mengalami dialog dan alur cerita. Kemudian, minta mereka memainkan peran karakter tertentu atau menceritakan kisahnya dengan kata-kata mereka sendiri dalam bahasa Inggris.

Mengajar apa pun pada usia dini memiliki kelebihannya sendiri. Dan bahasa Inggris agak mudah dikuasai ketika diajarkan dengan cara yang benar. Menjaga berbagai hal dan menarik adalah salah satu cara untuk melakukannya. Jadikan percakapan bahasa Inggris sebagai kebiasaan alami di dalam rumah tangga. Sediakan waktu tertentu di hari ketika setiap orang akan berbicara hanya dalam bahasa Inggris. Perlahan dan pasti, anak Anda akan mulai mendapatkan pengetahuan bahasa dan mulai mengalami dan mengekspresikan pemikiran mereka sendiri tentangnya.

No comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

© Kursus | Les Bahasa Inggris baik kelas maupun Private di Bandung
Maira Gall